oleh

Pemda Bonebol Dorong Usaha Mikro Dengan Pembiayaan Ultra Mikro

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) merupakan salah satu daerah pertama di seluruh Indonesia yang menjadi Pilot Project (Proyek Percontohan) Kerjasama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dengan Pemerintah Kabupaten Bonebol untuk Pembiayaan Ultra Mikro.

Hal ini disampaikan Bupati Bonebol Hamim Pou dalam Launching dan Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro di Kabupaten Bonebol tahun 2018, di Grand Palace Convention Centre (GPCC) Gorontalo, Rabu (28/11).

“Kita patut bersyukur bahwa Bonebol merupakan Daerah Proyek Percontohan Kerjasama PIP dengan Pemkab Bonebol untuk Pembiayaan Ultra Mikro. Jadi pertama di seluruh Indonesia,” kata Bupati Bonebol Hamim Pou dalam sambutannya.

Hamim mengatakan, karena Bonebol jadi Proyek Percontohan. Maka jangan sampai mengalami kegagalan dalam pelaksanaannya.

”Ini tidak boleh terjadi, Proyek ini harus berhasil. Setelah dapat Pembiayaan Ultra Mikro, kita berharap pendapatan para Pengusaha Kecil di Bonebol akan berlipatganda keuntungan, omsetnya, termasuk para pekerjanya,” tegasnya.

Mengenai Pembiayaan Ultra Mikro ini, lanjut Hamim, berapa pun jumlah yang bermohon pinjaman, PIP siap untuk itu dan akan diberikan.

”Karena ini Pembiayaan Ultra Mikro, maka maksimal pinjaman sebesar Rp. 10 juta.

Bupati pun mengingatkan, bahwa Pembiayaan Ultra Mikro itu, tujuan untuk menggerakan dan membesarkan usaha, menciptakan lapangan kerja dan harus untung. Menurutnya, Pemda Bonebol berusaha dan berjuang keras untuk mendapatkan Program tersebut dalam rangka untuk menciptakan Wirausaha-Wirausaha baru di Bonebol.

“Pembiayaan ini untuk mendukung pengembangan usaha bapak dan ibu semua, supaya terus berkembang, bisa untung, bisa menciptakan lapangan kerja, dan bisa mandiri. Mudah-mudahan lewat Pembiayaan Ultra Mikro ini akan melahirkan dan meciptakan Wirausaha-Wirausaha baru di Bonebol termasuk mengembangkannya,” tutur Hamim Pou.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perindagkum) Basir Noho menjelaskan, kegiatan Launching dan Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro di Kabupaten Bonebol sebagai tindaklanjut dari usaha dan upaya Pemerintah Daerah yang tak putus-putusnya untuk memberikan, mengembangkan dan melakukan pemberdayaan terhadap Usaha Mikro Kecil di Daerah itu.

Seiring dengan dilakukannya Nota Kesepahaman antara PIP dengan Pemkab Bonebol tentang kerjasama dalam rangka Pengembangan Usaha Mikro melalui Pembiayaan Ultra Mikro, yang ditandatangani Plt. Direktur Utama Badan Pelayanan Umum Pusat Investasi Pemerintah Djoko Hendratto dengan Bupati Bonebol Hamim Pou pada tanggal 5 Nopember 2018 yang lalu di Jakarta.

“Untuk saat ini dalam rangka percepatan Pembiayaan Ultra Mikro di Kabupaten Bonebol kami sedang melakukan kerja sama penyalurannya dengan PT. Pengadaian Gorontalo. Karena hingga bulan September 2018 pelayanan untuk Ultra Mikro kita masih rendah. Olehnya itu, perlu dilakukan percepatan dan didorong untuk pembiayaan bagi Pengusaha Ultra Mikro,” jelas Basir Noho.

Ia menambahkan, kegiatan Launching dan Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro diikuti sebanyak 200 Peserta, terdiri dari 160 orang Pelaku Usaha Ultra Mikro, 20 orang Pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dan 20 orang Pengurus BUMDes.

Laporan: hms/AKP/Sri Devy Gue
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini