oleh

Pemda Dan DPRD Kabupaten Gorontalo Sepakat Kenakan Pajak Budidaya Walet

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Budidaya Burung Walet di Provinsi Gorontalo saat ini banyak diminati, karena memang memiliki Nilai Ekonomi yang tinggi. Pada Budidaya Walet sendiri yang dapat dijual dan menghasilkan uang bukanlah Burungnya, tetapi sarang Burung Walet yang diketahui memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Di Kabupaten Gorontalo, potensi ini di lirik oleh banyak masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari makin banyaknya Rumah Walet yang dibangun. Mulai dari di bangun di Atap Rumah atau bahkan ada yang membangun di Daerah tertentu yang jauh dari pemukiman.

Menurut Bupati Nelson Pomalingo, usaha yang satu ini memang perlu di apresiasi. Hanya saja kata Nelson, Budidaya Walet di Kabupaten Gorontalo perlu dibuatkan Regulasi, agar dalam pembudidayaannya dapat berdampak pada Pendapatan Daerah melalui Pajak yang akan dikenakan pada Pembudidaya Walet.

Namun dirinya juga menyampaikan, tujuan utama dari Regulasi pajak Burung Walet itu bukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja. Melainkan Regulasi itu untuk pengendalian pertumbuhan Pembudidiayaan Burung Walet.

“Ini bukan hanya PAD, tetapi juga pengendalian, jangan sampai Budidaya ini akan ada dampak negatif pada lingkungan,”ungkap Nelson, Senin (15/04). Kantor DPRD Kabupatem Gorontalo.

Rencana Pemerintah untuk mengenakan Pajak bagi Pembudidaya Walet tersebut sudah disampaikan kepada DPRD, melalui  Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usul inisatif Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Dan oleh DPRD setelah dikaji, melalui Paripurna,usulan tersebut telah disahkan bersama 2 Usul Ranperda lainnya  yakni Ranperda tentang Rencana Pembangunan Industri 2017-2037, dan Ranperda  tentang Pengolahan Barang Milik Daerah.

Di kesempatan yang sama, usai Paripurna, Ketua DPRD  Sahmid Hemu menilai Ranperda Pajak Burung Walet tersebut dinilai tepat. Sebab Dia menilai saat ini pembangunan sarang burung walet oleh masyarakat semakin menjamur. Sehingga perlu mengenakan Pajak bagi Pengusaha Sarang Burung Walet.

Bupati dan DPRD, dalam Paripurna 3 Ranperda usul inisiatif pemda Gorontalo,Senin (15/04)

Bukan hanya sekedar untuk PAD, Sahmid sepakat dengan pendapat Nelson yang ingin agar Regulasi ini untuk pengedalian lingkungan, akibat Pembangunan Sarang Burung Walet yang semakin menjamur.

“Karena kita melihat ada kawasan-kawasan tertentu yang banyak dibangun Sarang Burung Walet. Sehingga Kami menilai ini sudah tepat, Bukan hanya untk pajak tetapi pengendalian lingkungan,”ungkap Sahmid Hemu.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda