oleh

Pemda Kabgor Siapkan Guru Hadapi Era 4.0

LINTAS PENDIDIKAN (LIGO) – Sebagai Garda Terdepan dalam dunia Pendidikan, Guru harus memiliki Kompetensi dalam menghadapi Era Pendidikan 4.0. Peserta Didik yang dihadapi Guru saat ini merupakan Generasi Milenial yang tidak asing lagi dengan Dunia Digital. Ungkapan ini disampaikan Kepala Balitbang Kabupaten Gorontalo Dr. Manaf Dunggio, mewakili Bupati Kabupaten Gorontalo saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah di Kabupaten Gorontalo tingkat SD dan SMP, Senin (11/02/19). Lantai V Arya Duta Hotel. Manado.

Era Pendidikan 4.0 merupakan tantangan yang sangat berat bagi Guru. Jika tidak mengubah Cara Mendidik dan Beblajar dan Mengajar, maka 30 tahun mendatang Kita akan mengalami kesulitan besar,” ucap Manaf.

Lanjut Dirinya mengatakan, Era Pendidikan 4.0 merupakan jawaban atas terjadinya Revolusi Industri 4.0, dan Guru 4.0 sangat dibutuhkan dalam menghadapi Era Pendidikan 4.0. tersebut. Oleh karena itu, Manaf menegaskan Guru harus siap menghadapi Era Pendidikan 4.0 meskipun disibukkan oleh Beban Kurikulum dan Administratif yang sangat padat.

“Jika tidak, maka Generasi Muda Kita akan terus tertinggal dan efeknya tidak mampu bersaing menghadapi implikasi Revolusi Industri 4.0. Semoga Diklat yang Kita laksanakan ini dapat membuat Guru maupun Kepala Sekolah yang memiliki Kompetensi 4.0,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo melalui Sekretaris Dinas (Sekdis) Jubair Pomalingo, menyampaikan tujuan dilaksanakan panduan Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah ini disusun sebagai acuan bagi Peserta dalam memahami upaya untuk menumbuh kembangkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan pada dimensi-dimensi Kompetensi, Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi dan Sosial melalui Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (In-On-In).

“Sasaran Pendidikan Pelatihan Calon Kepala Sekolah ini diperuntukkan bagi keseluruhan Peserta Kabupaten Gorontalo sebanyak 25 Orang Calon Kepala Sekolah,” tandasnya

Kegiatan ini turut dihadiri Pengurus LP3CKS UNG dan juga selaku Nara Sumber Dr. Fory Naway, Ketua LPPKS Solo Drs. Sutarman, M.Pd., Ratna Juwita, M.Pd., Widya LPPKS Solo serta Lilik Ayatulah Hudin selaku Admin LPPKS.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini