oleh

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Mengevaluasi Lembaga Adat Desa

LINTAS KABGOR (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Pemberdayaan Desa melakukan pembinaan dan evaluasi lembaga adat desa yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Kegiatan dibuka langsung Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, Rabu (29/08/2018) di Aula Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Gorontalo.

Bupati Nelson Pomalingo dalam kesempatan itu menyampaikan dimana pembinaan dan evaluasi desa ini dilakukan untuk memberikan suport kepada pemerintah desa dalam menjalankan pemerintahan desa dan penggunaan anggaran desa yang baik.

“Tujuan saya, tujuan Kepala Desa dan tujuan kita semua adalah untuk membangun kesejahteraan. Kalau kita bekerja dengan baik itu dalam rangka membangun negara ini terutama membangun kesejahteraan masyarakat,” tutur Bupati Nelson Pomalingo.

Lanjut Nelson menyampaikan, dalam perencanaan anggaran dana desa, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah melakukan perencanaan dan mekanisme yang baik, walaupun menurutnya masih ada juga yang melakukan perencanaan yang tidak menggunakan mekanisme secara benar.

“Kemungkinan juga ada yang tidak dilakukan dengan benar dan itu akan ketahuan. Karena pada saat proses itu berjalan pasti ada laporan,” tukas Nelson Pomalingo.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Nawir Tondako menambahkan, saat ini pihaknya tengah berupaya untuk melakukan pencegahaan permasalahan penggunaaan anggaran dana desa. Untuk melakukan pencegahaan tersebut, Pemerintah daerah akan merubah perturan Bupati yang mengatur penghasilan tetap aparat desa.

“Terkait tunjangan penghasilan tetap aparat desa sebenarnya tahun ini ada kenaikan sedikit penghasilan aparat desa. Tapi karena dana terbatas tidak sesuai harapan, kenaikan gaji belum dapat direalisasikan” ujar Nawir Tondako.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga saat ini sedang mengupayakan untuk melakukan perubahan peraturan Bupati yang mengatur alokasi dana desa untuk memaksimalkan penggunaan dana desa.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini