oleh

Pemilihan Calon Rektor UNG, 3 Kandidat Beroleh Suara Nol

LINTAS PERISTIWA (LIGO) – Setelah melewati proses Penjaringan Calon Rektor yang berlangsung dari pagi hingga menjelang Magrib, Senin (02/09/2019), Tiga Calon Rektor dari Lima Kandidat Calon Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akhirnya ditetapkan.

Penjaringan yang menghasilkan 3 Calon Rektor itu berlansung alot. Pasalnya setelah melalui proses Penyampaian Visi-Misi dan Tanya Jawab antara 67 Anggota Senat yang memiliki Hak Suara dengan 5 kandidat Calon Rektor, proses penjaringan melalui mekanisme pemilihan berlangsung tertutup. Proses ini kata Ketua Senat UNG Prof. Rauf Hatu  mengacu pada Regulasi Pemilihan Rektor.

Usai proses tersebut, 5 kandidat Calon mendapat perolehan suara dari Senat masing-masing, Nomor 1 Prof. DR. Hariadi Said, M.S., beroleh Nol Suara, nomor 2, Prof. DR. Ani M. Hasan, M.Pd., juga beroleh Nol Suara, nomor 3 Prof. DR. Ir. Mahludin H. Baruwadi, MP., beroleh suara terbanyak yakni 40 Suara dan Nomor 4 DR. Abdul Hafidz Olii, S.PI., M.Si. beroleh Nol Suara. Sementara nomor 5 DR. Eduart Wolok, ST., MT., peraih suara terbanyak ke-2 setelah beroleh 27 Suara.

Hasil itu memaksa Senat melakukan Pemilihan Secara Terbuka untuk menjaring Calon Rektor Ke-3 dari Tiga Calon yang tidak mendapat suara dari Senat. Alhasil Prof. DR. Ani M. Hasan, M.Pd., terpilih sebagai Calon Ke-3 Rektor UNG.

Ketua Senat UNG, Prof. Rauf Hatu

Ketua Senat Prof. Rauf Hatu menjelaskan 3 Nama yang ditetapkan sebagai Calon Rektor itu kemudian akan dikirim ke Kemenristekdikti. Disana 3 Calon ini akan bersaing memperebutkan suara dari Kementerian yang jumlahnya 35 Persen.

“Dari sini Kita akan kirimkan ke Kementerian. Mereka yang memilih dari 3 Calon, mereka memiliki 35 persen yang kalau Kita hitung 35 persen itu sama dengan 36 Suara,” jelas Prof. Rauf Hatu.(B01)

Editor: Najid

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini