oleh

Penilaian Adipura 2019 Bukan Tujuan Utama, Nelson : Kebersihan Lingkungan Kewajiban Kita

KABGOR – Mendapat Penghargaan Adipura, bukan menjadi alasan utama bagi pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam mendorong masyarakat agar menjaga lingkungan yang hijau dan bersih. Tetapi, kebersihan tersebut kata Bupati Nelson Pomalingo, menjadi kewajiban pemerintah dan masyarakat demi menjamin keberlanjutan hidup manusia kedepan.

Kata Nelson, Piala Adipura hanya sebagai dampak penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah. Namun dampak utama dari menjaga lingkungan itu adalah manusia, khususnya masyarakat Kabupaten Gorontalo dapat menghirup udara bersih dan sehat.

“Menjaga kebersihan lingkungan ini, menjadi kewajiban kita. Bukan semata-semata hanya untuk mendapat Piala Adipura,” kata Nelson saat memimpin Rapat Persiapan Penilaian Piala Adipura 2019. Senin (28/10), Aula  Ruang Madani Kantor Bupati Kabupaten Gorontalo.

Pada Penilaian Adipura tahun ini, Bupati meminta seluruh SKPD, terutama Dinas Lingkungan Hidup untuk mematangkan Persiapan Penilaian Adipura 2019 tersebut. Dirinya berharap, keberhasilan Pemerintah Daerah mendapat Piala Adipura 2018 dapat di ulang lagi pada tahun ini.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Syaiful Kiraman mengatakan, tidak ada persiapan khusus Pemerintah Daerah dalam menghadapi Penilaian Adipura.

“Kita tidak memiliki persiapan khusus, justru rutinitas ini (menjaga lingkungan) yang terus kita dorong,” kata Syaiful Kiraman.

Dinas Lingkungan Hidup siapkan fasilitas Tong Sampah.

Disamping itu lanjut Syaiful, meminimalisir Sampah Rumah Tangga melalui kebijakan strategi Pemerintah Daerah, pihaknya memperkirakan jumlah sampah yang dihasilkan setiap Kepala Keluarga, mencapai 0.4 Kg Sampah per hari.

“Sampah yang dihasilkan setiap Orang diperkirkan mencapai 0.4 Kg per hari. Dan itu akan ditotalitaskan dan di dorong dalam kaitan upaya Pengurangan 30 Persen dan Pengolahan 70 Persen,” tambah Syaiful.

Tidak hanya itu, upaya meminimalisir Sampah yang dihasilkan juga dilakukan dengan mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai. Bahkan juga, dalam berbagai Agenda Pemerintah Daerah, penggunaan Air Gelas Kemasan sudah mulai dikurangi. Hal ini kata Syaiful untuk meminimalisir Sampah.

Dirinya berharap, dalam menciptakan lingkungan Bersih Sehat, Kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat terus dilakukan.

“Dengan Kolaborasi ini, lingkungan kita menjadi bersih dan sehat. Dan dampak dari itu, Kita berharap Piala Adipura bisa Kita raih,” harap Syaiful Kiraman. (*B02).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini