oleh

Peningkatan SDM Kepariwisataan Digenjot, Kadis Pariwisata Beri Motivasi Pada Peserta

LINTAS PARIWISATA (LIGO) – Program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata terus digenjot. Kali ini Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melaksnakan Pelatihan SDM Kepariwisataan dan Pengelolaan Home Stay di Ballroom TC Damhil UNG, Kota Gorontalo, Selasa (17/07/2018). Kegiatan dibuka langsung Kepala Dinas Pariwisata DR. Ir. Nancy Lahay MP. dan dihadiri Dinas Pariwisata Kabupaten Kota, Mahasiswa UNG dan UMGO Jurusan Pariwisata, Siswa SMK Jurusan Pariwisata se-Provinsi Gorontalo, Genpi serta pengelola industri kepariwisataan.

Kepala Dinas Pariwisata Nancy Lahay kepada lintasgorontalo.com menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kualitas bagi SDM di sektor pariwisata, termasuk siswa dan mahasiswa yang nantinya menjadi penerus.

“Jadi memanng kita sadari kita walaupun Gorontalo sudah masuk usia ke-18 tahun, kemudian Dinas Pariwisata juga baru masuk 2 tahun, tapi kita sadari bahwa SDM masih saja menjadi persoalan, apalagi di sektor pariwisata. Sehingganya kita selalu berikan pelatihan dasar dan nanti ada tingkat berikutnya sampai pada tahap akhir mereka memiliki sertifikat,” ungkap Nancy.

“Kemudian SDM kita yang mengelola pariwisata juga masih biasa-biasa saja. Makanya kita selalu memberikan pelatihan, baik dalam bentuk diklat, bimtek dan lain sebagainya,” tambah Nancy.

Dijelaskan, sampai saat ini masyarakat melihat pariwisata hanyalah sekedar objek rekreasi, belum secara maksimal dalam pengelolaanya. Namun masyarakat tidak mengetahui secara jelas, dimana sektor pariwisata dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Orang-orang belum begitu memahami bagaimana peran pariwisata didalam pembangunan secara utuh,” terang Nancy.

Pada kesempatan itu, tidak lupa Kadis Pariwisata Nancy Lahay memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan SDM kepariwisataan dan pengelolaan home stay. Menurutnya bekerja di sektor pariwisata tidak perlu menjadi seorang ASN, karena banyak pekerjaan yang sangat luar biasa selain ASN, termasuk sebagai pengelola industri kepariwisataan.

“Kadang mimpi mereka itu ingin jadi pegawai negeri, padahal di luar kerja kantoran itu banyak yang bisa dilakukan. Saya selalu memberikan motivasi kepada mereka agar berani, tidak malu dan ada keinginan untuk menjadi sukses. Kita kan tidak tahu nasib kita. Ada Allah yang mengatur segalanya,”

Lebih lanjut Nancy menghimbau kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan baik dan serius.

“Untuk peserta, mari memanfaatkan kesempatan ini, karena ilmu pengetahuan sangat mahal,” tutup Nancy.

Laporan : Mirnawati Ahaya
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini