oleh

Peran Forum Anak, Cegah Kenakalan Remaja

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Meskipun Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus berupaya untuk mencegah terjadinya Kenakalan di Kalangan Remaja, namun tindakan tersebut masih saja terus terjadi.

Seiring dengan perkembangan zaman, Kenakalan di Kalangan Remaja pun makin Kompleks. Tidak hanya masalah Sex Bebas dan Narkotika, masalah Hoax di Sosial Media atau menyebarkan Informasi yang belum pasti kebenarannya kini makin marak terjadi dilakukan oleh Remaja.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo tak ingin Kenakalan Remaja tersebut terjadi di Kalangan Remaja Kabupaten Gorontalo. Sebab Remaja merupakan Generasi Penerus Bangsa yang diharapkan mampu memberikan perubahan bagi Daerah, Bangsa dan Negara kedepan.

Untuk mencegah tindakan itu, Sekretaris Daerah, Ir. Hadijah U Tayeb mengatakan peran Forum Anak yang ada di setiap Sekolah mampu mengurangi kemungkinan terjadinya Kenakalan Remaja.

“Peran Forum Anak ini sangat besar untuk memberikan Motivasi terhadap Teman sebayanya untuk melakukan yang terbaik, apalagi beberapa waktu lalu sedang Viral tindakan Remaja yang Ngelem,” ujar Sekda usai membuka Temu Forum Anak Tingkat Kabupaten Gorontalo, Jum’at (05/07) BP-PAUD.

Sekda menambahkan, Forum Anak diharapkan dapat memberikan Pencegahan dan mengajak teman sebayanya yang diketahui sering melakukan tindakan Kenakalan Remaja yang merusak hidupnya kedepan.

“Sebagai pemerintah, Kami akan terus berupaya, namun biasaya Pemerintah, Guru dan Orang Tua kewalahan sebab Kenakalan ini biasanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Namun dengan peran Forum Anak yang dinilai paling mengetahui Tindakan Temannya bisa melaporkan kepada Guru atau Orang Tua,” terang Sekda.

Temu Forum Anak tingkat Kabupaten Gorontalo

Sementara Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Hen Restu mengatakan dalam Temu Forum Anak Kabupaten Gorontalo yang merupakan Siswa perwakilan dari seluruh SMA di Kabupaten Gorontalo, mereka akan diberikan Penguatan Karakter.

“Melalui Forum ini juga menjadi jembatan bagi Pemerintah apa yang diinginkan oleh Anak-Anak, Remaja di Kabupaten Gorontalo,” terang Hen Restu.

Dalam Temu Forum Anak yang akan dilaksanakan selama 3 hari tersebut, Peserta akan dinilai Sikap dan Karakternya. Dan dari Peserta Forum Anak akan dipilih Anak yang akan mewakili Kabupaten Gorontalo di Forum Anak Provinsi Gorontalo bahkan sampai Forum Anak Nasional.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini