oleh

Peringati Hari AIDS Dunia, KPA Boalemo Gandeng Siswa SMA

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Sebanyak 59 orang Masyarakat Boalemo yang telah teridentifikasi mengidap HIV/ AIDS berada pada usia produktif, antara usia 20 hingga 50 tahun. Data ini di ungkap Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Boalemo, dr. Moh Jamal. Kamis (13/12 ). Aula SMA N 1 Tilamuta.

KPA Kabupaten Boalemo memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia dengan melakukan Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS dan Pemeriksaan ke Sekolah SMA, SMK dan MA se- Kabupaten Boalemo secara sukarela.

“Dalam rangka pencegahan HIV/AIDS Kami melakukan Pemeriksaan di setiap Sekolah secara sukarela, agar Mereka tahu Bahaya dan Dampak dari AIDS ” tutur dr. Jamal.

Lebih lanjut dr. Jamal mengungkapkan, persoalan Seks Bebas merupakan faktor penyebab menularnya HIV/AIDS, bukan hanya pada Orang Dewasa, tapi justru yang mereka temui pengidap HIV/AIDS ini juga ada pada Anak-anak Sekolah.

“Penularan HIV/AIDS ini, bukan hanya ketika melakukan Seks Bebas dengan lawan jenis, namun penyebaran bisa juga dengan hubungan seks dengan sesama jenis atau menggunakan sesuatu (jarum suntik bekas, alat kontrasepsi) yang sudah pernah di pakai oleh pengidap HIV/AIDS “. ungkap Jamal.

Jamal menambahkan, bahwa proses penularan virus HIV/ AIDS bukan hanya melalui Hubungan Seksual, Seorang Ibu yang Pengidap AIDS dan memberi ASI pada Anaknya pun bisa menjadi penyebab tertularnya virus HIV.

“Di Boalemo ada 2 orang Anak Pengidap AIDS, dan angka tertinggi adalah Orang Dewasa yang melakukan hubungan seks bebas”. terang dr. Jamal.

Dalam hal pencegahan, KPA Boalemo didukung penuh Bupati Boalemo Darwis Moridu dalam melakukan upaya strategis dengan melibatkan Perangkat Kecamatan, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para Pemuda serta Populasi Kunci yang ada di Kabupaten Boalemo.

“Kami juga sudah melakukan Rapat Koordinasi dengan stakeholder OPD se-Boalemo. Dan didukung penuh Bupati Boalemo Darwis Moridu, sebagai bentuk Komitmen Bupati bersama dalam pencegahan HIV/AIDS. Kami pun selalu melakukan komunikasi dengan Populasi Kunci atau Kelompok Beresiko, seperti Karyawan Pabrik, Lapas, Pelabuhan dan Waria dengan dukungan dari setiap OPD,” pungkasnya.

Sejumlah Siswa SMA/SMK/MA se Kabupaten Boalemo dalam Aksi Damai memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Boalemo. Kamis (13/12)

KPA Boalemo juga menggelar Aksi Damai di Simpang Tugu Jagung, hal ini dilakukan agar setiap warga Boalemo lebih intens mendapatkan warning tentang HIV/AIDS. Aksi Damai tersebut juga ditandai dengan pembubuhan tandatangan oleh Siswa setingkat SMA di Boalemo pada spanduk sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS di Bumi Boalemo.

Laporan: Uki Laete
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini