oleh

Perkuat Kearsipan Daerah, Pemda Boalemo Gelar Bimtek Jadwal Retensi Arsip

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Untuk mewujudkan kesadaran Pengelolaan Kearsipan dan Penyelamatan Arsip sebagai Aset Daerah, Pemerintah Kabupaten Boalemo melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) yang di buka secara langsung Bupati Darwis Moridu, di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Sulawesi Utara. Selasa (12/03/2019)

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Boalemo Dra. Monru Mopangga menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan bertujuan agar kedepan semua Arsip Daerah bisa terjaga dan terdata secara baik.

”Dengan ini, SOPD harus memahami betapa pentingnya Arsip dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara serta memfasilitasi setiap penyusunan Jadwal Retensi Arsip di masing-masing SOPD dalam merumuskan Kebijakan Penyusutan Arsip dan melatih Pencipta Arsip SOPD agar mampu menentukan masa hidup dan nilai guna Arsip,”terang Monru.

“Kemudian mampu memberikan Peningkatan Mutu penyelenggaraan Bimtek penentuan jangka waktu penyimpanan Arsip (Retensi Arsip) ditentukan atas dasar nilai kegunaan tiap-tiap berkas,”tambah Monru Mopangga.

Dalam kesempatan itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu mengharapkan Bimtek yang dilaksanakan agar dapat mendorong setiap SOPD untuk segera menyusun Jadwal Retensi Arsip sesuai amanat Undang-Undang No .43 tahun 2009 Tentang Kearsipan.

“Saya minta semua yang menjadi peserta agar mengikuti kegiatan ini dgn baik,”minta Darwis

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari Selasa 12 Maret sampai Kamis 14 Maret 2019.

Laporan : Mukrin
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda