oleh

Permudah Bantuan Keuangan Parpol, Badan Keuangan Kabgor Launching “SOBAKUPAR”

LINTAS KEUANGAN (LIGO) – Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo me-Launching Aplikasi Sistem Informasi Bantuan Keuangan Partai Politik atau yang disebut dengan “SOBAKUPAR”, Jum’at 27 September 2019. Aplikasi ini adalah inovasi Haryanto Manan SE., salah satu Peserta Diklat PIM IV Angkatan IX yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Kepala Badan Keuangan Dra. Dewi Masita Usman diwawancarai lintasgorontalo.com mengatakan, Aplikasi berbasis online adalah terobosan yang sangat luar biasa, karena mengingat saat ini sudah zamannya Era Revolusi 4.0.

“Saya sangat mengapresiasi Inovasi salah satu Staf Saya ini, sungguh luar biasa. Ini simple dan mempermudah urusan,” kata Dewi Masita Usman.

Sementara Haryanto Manan saat diwawancarai via telepon menjelaskan, Aplikasi “SOBAKUPAR” memang sengaja dibuat untuk mempermudah proses Pengelolaan Bantuan Keuangan Partai Politik yang diberikan Kabupaten Gorontalo. Dirinya mengungkapkan bahwa selama ini Pengelolaan Bantuan Keuangan untuk Partai Politik masih dianggap belum maksimal oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo.

“Sejak tahun 2016 sampai dengan 2018 hasil Audit BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo terkait dengan Pengelolaan Bantuan Keuangan Partai Politik itu, belum memenuhi Kriteria sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Perundang-Undangan. Kemudian proses pertanggungjawaban Partai Politik terhadap Bantuan Keuangan itu, oleh BPK masih dianggap Kurang Maksimal. Terus Kelengkapan Dokumen Pertanggungjawabannya yang masih belum memenuhi format yang ditentukan dengan Perundangan-Undangan yang berlaku,” jelas Haryanto Manan.

“Aplikasi ini akan mengatur tentang bagaimana proses Perencanaan Anggaran, penatausahaannya dan pertanggungjawaban yang ke semua fitur-fitur itu terintegrasi secara Online sehingga dengan Aplikasi SOBAKUPAR ini akan meminimalisir Temuan BPK terkait dengan Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik,” lanjut Haryanto.

Aplikasi ini dikatakan Haryanto Manan adalah aplikasi yang coba gagas, agar Partai Politik dalam menyusun Anggaran Bantuan Keuangan itu berpedoman pada ketentuan Perundangan-Undangan yang berlaku.

“Seperti Pendidikan Politik harus lebih besar dari Belanja Kesekretariatan, jadi Aplikasi ini sudah memberi Batasan atau Warning. Jika Partai menginput Belanja Kesekretariatan yang lebih besar dari Pendidikan Politik maka Aplikasi akan menolak. Bukan hanya itu, Aplikasi juga memberikan ruang bagi Tim Verifikasi yang ditugaskan Pemda untuk meneliti Kelengkapan Dokumen Bantuan Keuangan  Partai Politik ini secara online,” terang Yanto.

“Dulu berkas-berkas Partai Politik ini dibawa dengan begitu banyak ke Kesbangpol, terus diantar kepada Bupati, kemudian dibawa lagi ke SKPD yang menjadi Peneliti, kemudian dibawa ke Badan Keuangan untuk dilihat apakah sudah lengkap, barulah dilakukan pencairan,” tukasnya.

Launching Aplikasi “SOBAKUPAR” sendiri dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U. Tayeb MM., didampingi Kepala Badan Keuangan Dra. Dewi Masita Usman dan dihadiri seluruh stakeholder terkait, termasuk Partai Politik. (*B02).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini