oleh

Permudah Pembayaran Pajak, Pemkab Gorontalo Dan BNI Jalin Kerja Sama

KEUANGAN (LIGO) – Pembayaran Pajak oleh Wajib Pajak di Kabupaten Gorontalo terus dipermudah. Hal ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Badan Keuangan Daerah yang ingin terus meningkatkan kualitas Tata Kelola Administrasi Pajak Daerah, guna Optimalisasi Pendapatan Daerah.

Untuk mempermudah pembayaran Pajak tersebut, Badan Keuangan Daerah Kabupaten Gorontalo terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Salah satunya, dengan Pihak PT. Bank Negara Indonesia,Tbk yang berlangsung di BNI Kantor Wilayah Manado. Rabu (16/10).

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Daerah melalui Badan Keuangan Daerah mengutus Kepala Sub Bidang Pajak Daerah, Zulkifli, Kepala Sub Bidang Retribusi Endang Lumbengi dan Staf pengembangan IT, Dicky S. Ibrahim.

Koordinasi ini ujar Kepala Badan Keuangan Daerah, Dra. Dewi Masita Usman melalui kepala sub bidang Pajak Daerah, Zulkifli, untuk menjalin kerja sama dalam hal Pembayaran Pajak antara Bank BNI dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

“Koordinasi ini membahas kebutuhan Data dan Aplikasi dalam rangka kerja sama pembayaran Pajak Daerah dan Retribusi Daerah antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan PT. Bank Negara Indonesia (BNI),” ujar Kepala Sub Bidang Pajak Daerah, Zulkifli.

Dalam pembahasan tersebut tambah Zulkifli, diketahui bahwa Bank BNI telah siap dengan Aplikasi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah secara online yang didukung dengan fasilitas Virtual Account.

“Virtual Account (VA) adalah Nomor Identifikasi Pelanggan Perusahaan yang dibuka oleh Bank atas permintaan Perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh Perusahaan kepada Pelanggannya (perorangan maupun non perorangan) sebagai No Rekening Tujuan Penerimaan (Collection),” tambah Zulkifli

Koordinasi Badan Keuangan Daerah dengan PT. BNI, Tbk.

Sementara pihak Bank BNI melalui Dwight Nendissa dan Jessica Kairupan menyampaikan bahwa BNI saat ini mempunyai Aplikasi E-Retribusi yang telah digunakan oleh beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia. Penggunaan Aplikasi e-Retribusi Bank BNI secara teknis harusnya dapat diimplementasikan pada Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pemanfaatan Aplikasi E-retribusi dalam koordinasi tersebut menjadi perhatian khusus untuk dibahas dengan instansi terkait.

“Berikutnya MoU dan PKS pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan PT. Bank Negara Indonesia (BNI) akan segera ditandatangani dalam waktu dekat ini,” tukas Zulkifli. (*B02).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini