oleh

Pertama Kalinya Mobil Dinas Pemda Bonebol Dilelang Secara Online

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Sedikitnya enam unit Kendaraan Dinas Roda Empat miliki Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) dilelang secara online. Pelelangan Terbuka untuk umum bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo selaku pihak Penyelenggara Pelelangan secara online tersebut, berlangsung di KPKNL Gorontalo, Rabu (21/11).

Enam unit Kendaraan Dinas Roda Empat itu, diantaranya mobil Mitsubishi Pajero Sport 2.5 D tahun 2011 DM 12 E, mobil Nissan Grand Livina SV tahun 2011 DM 20 E, mobil Toyota Hilux 2.0 MT tahun 2007 DM 8001 E, mobil Suzuki APV tahun 2008 DM 163 E, mobil Toyota Avanza E tahun 2011 DM 271 E, dan mobil Toyota Kijang Innova tahun 2007 DM 17 E.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bonebol Ishak Ntoma saat menghadiri langsung Pelelangan itu mengatakan, dengan Sistem Pelelangan Berbasis Online seperti ini sangat memudahkan bagi peminat maupun pemohon untuk ikut dalam kepesertaan lelang.

Bahkan Sekda menilai, Pelaksanaan Lelang Secara Online lebih transparan, lebih fair, lebih akuntabel, dan lebih cepat dibandingkan dengan yang konvensional.

”Semua peminat yang bermohon dengan sistem seperti ini bisa mengikuti Lelang dimana saja secara online. Lebih transparan dan kompetitif. Semua orang punya kesempatan dan akses yang sama untuk mendapatkan kendaraan yang diminati,” kata Sekda Ishak Ntoma.

Disisi lain, negara juga sangat diuntungkan karena sifatnya kompetitif. Apalagi pelaksanaan Lelangnya dibatasi waktu. Jadi diantara peminat yang satu dengan yang lainnya bisa bersaing dengan harga. Siapa yang penawarannya tertinggi, setelah waktu pelaksanaannya secara online dinyatakan berakhir, maka dialah yang menjadi pemenangnya.

“Jadi tidak ada jaminan bagi pemegang Kendaraan Dinas saat ini bisa menjadi pemenang lelangnya, karena semua peminat punya kesempatan yang sama untuk bisa memenangkan lelang tersebut,” urai Sekda Ishak Ntoma.

Sebelumnya, Kepala Bidang Aset Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bonebol Syahrudin Porindo menjelaskan, Pelaksanaan Lelang Secara Online Kendaraan Dinas milik Pemkab Bonebol bekerja sama dengan KPKNL Gorontalo itu, merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan. Karena tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan lelangnya masih bersifat konvesional.

Dalam Lelang secara online ini, ada dua sistem yang diterapkan, yakni Open Bidding dan Close Bidding. Open bidding adalah sistem pelelangan sdimana para penawar maupun peminat itu secara terbuka bisa kelihatan jumlah penawarannya. Sedangkan untuk Close Bidding, antara penawar yang satu dengan penawar lainnya tidak saling mengetahui besaran penawarannya. Sehingga siapa pun yang penawar tertinggi, maka dia yang dinyatakan sebagai pemenang setelah waktu pelaksanaan Lelang selesai.

“Dari kedua sistem ini, kami mengambil sistem Open Bidding dimana para penawar bisa kelihatan secara langsung berapa nominal besaran yang di tawar pada setiap unit kendaraan,” jelas Syahrudin Porindo.

Ia menyebutkan, dari enam unit Kendaraan Dinas yang dilelang itu, hanya lima unit yang terjual. Sementara satu unit lainnya tidak ada peminatnya, yakni mobil Toyota Kijang Innova DM 17 E, karena mungkin hasil penilaiannya terlalu tinggi. Kemudian setelah dilihat kondisi kendaraannya dalam keadaan rusak. Butuh biaya untuk perbaikannya setelah peminatnya dinyatakan menang.

Sekda Ishak Ntoma didampingi Kabid Aset BKPD Bonebol Syahrudin Porindo saat menghadiri sekaligus memantau secara langsung pelaksanaan lelang secara online 6 unit kenderaan dinas milik Pemkab Bonebol, di KPKNL Gorontalo, Rabu (21/11). (F.AKP).

Menurutnya, keuntungan dengan Lelang Secara Online seperti ini, para peminatnya bukan hanya berasal dari Pemerintah Daerah sendiri, tetapi dari luar pun bisa melakukan atau ikut dalam lelang ini.

”Kerugian bagi Pemerintah Daerah, tentu para pemegang Kendaraan Dinas saat ini bisa jadi bukan yang bersangkutan yang dapat,” ungkap Syahrudin dan berharap Pelaksanaan Lelang Secara Online ini bisa berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bonebol.

Kepala Seksi Pelayanan Lelang, KPKNL Gorontalo Eko Hardiyanto menambahkan, untuk proses Lelang Kendaraan Dinas milik Pemkab Bonebol dibuka secara umum. Jadi pelaksanaan Lelang Secara Online melalui website www.lelang.go.id

Website tersebut bisa digunakan oleh semua orang untuk proses Lelang. Lebih mudah, bisa diakses dimana saja, sehingga diharapkan kepada pihak-pihak yang berminat, nanti dapat mengakses website tersebut dengan melakukan penawaran-penawaran lebih mudah dibanding dengan yang konvesional.

Laporan: Hms/AKP/Mirna Ahaya
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda