oleh

Pesan Walikota Marten Taha Soal Posisi Perangkat RT/RW Di Momen Politik

LINTAS KOTA (LIGO) – Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) merupakan komponen pemerintahan ditingkat Kelurahan yang memiliki peran penting sebagai penghubung antara Pemerintah dan Masyarakat. Rabu (07/11).

Mengingat pentingnya kedua Jabatan tersebut sebagai perpanjangan tangan Pemerintahan, Walikota Gorontalo Marten Taha beberapa waktu lalu ingatkan Ketua-Ketua RW dan Ketua-Ketua RT di Gorontalo untuk tidak berpolitik pada momen tahun politik ini.

Walikota mengatakan, di tahun politik ini bukan hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disoroti untuk tidak berpolitik, tetapi kata Walikota Ketua RW dan Ketua RT juga akan menjadi sorotan.

“Ketua RW dan RT ini kan bukan ASN, tapi sekarang itu bukan lagi melihat ASN dan bukan ASN, nah Ketua RW dan Ketua RT sebagai ujung tombak kami di tingkat kelurahan menghubungkan kami dengan masyarakat dan membantu Lurah dalam melaksanakan tugasnya. Memang dikhawatirkan ketika Ketua RT dan Ketua RT ini ikut politik, nanti kalau Kelurahan tertetu yang Lurahnya pro terhadap politisi tertentu dihawatirkan hal ini dimanfaatkan oleh Ketua RW dan Ketua RT,” ujar Walikota.

Namun tidak bisa dipungkiri, Ketua RW dan Ketua RT di Kota Gorontalo ada juga yang terlibat sebagai Anggota Partai Politik. Hal ini juga dibenarkan Walikota.

“Mereka juga ada yang terlibat sebagai Kader Partai. Kan mereka tidak ada larangan,” kata Walikota.

Walikota ingatkan Ketua RW dan Ketua RT yang juga sebagai kader Partai, ketika melaksanakan tugasnya sebagai kader partai maka tidak boleh mengatas namakan Pemerintah.

“Dia (RW / RT) dalam melaksanakan tugasnya sebagai kader Partai jangan mengatasnamakan sebagai Pemerintah. Sama halnya dengan saya, saya sebagai Walikota juga sebagai Ketua Partai di tingkat Kota, hanya saja saya dapat menempatkan diri. Namun saya menghimbau mereka untuk tidak terlalu jauh terlibat dalam urusan politik,” pungkas Walikota.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda