oleh

Peternak Sapi Di Kabgor Bakal Dapat Lokasi Penggembalaan Ternak

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Kebiasaan Peternak Sapi di Gorontalo yang masih menggembalakan hewan ternaknya dengan cara konvesional atau membawa ternak tersebut ke Lahan Terbuka Hijau, akan membuat Peternak tidak siap mengahadapi situasi di Musim Kemarau atau saat berkurangnya Lahan Terbuka Hijau.

Untuk mengatasi kemungkinan situasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Peternakan telah mencanangkan membuat satu Wilayah Peternakan Terbuka Hijau untuk Peternak Sapi. Sekda Ir. Hadijah U Tayeb menyampaikan Ruang Terbuka Hijau untuk penggembalaan ternak itu dilakukan untuk menjaga ketersediaan makanan bagi Ternak. Disamping itu, Pemerintah akan memberikan support dengan melakukan pemeriksaan kesehatan Hewan Ternak.

“Program Padang Penggembalaan ini sudah tertuang dalam RPJMD untuk pengembangan Sapi, Sejuta Sapi. Kepada Peternak, Kami akan memberikan support dan Pemeriksaan Kesehatan Ternak agar Ternak Sapi milik masyarakat, Sehat dan Terawat,” kata Sekda.

Dirinya menambahkan, di lokasi Padang Penggembalaan itu nantinya akan disiapkan lahan khusus makanan Ternak, lokasi minum Ternak dan tempat tinggal Ternak.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan Femiwati Umar menambahkan, lokasi Padang Penggembalaan yang akan menjadi contoh Peternakan Sapi di Kabupaten Gorontalo adalah Desa Motoduto, Kecamatan Boliyohuto. Di lokasi tersebut direncanakan ada 300 Ekor Sapi milik Warga yang terlepas bebas untuk dikandangkan di lokasi tersebut.

Disamping itu pihaknya juga masih akan mengkaji apakah lokasi tersebut layak untuk Ternak dan warga sekitar.

“Baik, Sosial dan Ekonomi masih Kita akan  kaji. Pada tanggal 19 Agustus nanti bersama Tim Ahli Kita akan melihat dan Mereka akan menilai apakah lokasi tersebut Layak atau tidak sebagai Padang Pengembalaan,” ujar Femiwati.

Femi berharap melalui Program ini, Peternak Sapi di Kabupaten Gorontalo dapat secara teratur menggembalakan sapinya, di sisi lain Sapi tersebut memiliki dampak ekonomi kepada masyarakat. (B01).

Editor: Najid

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini