oleh

Pimpin Apel Awal Bulan, Ini Yang Diminta Bupati Darwis

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Pada Apel Awal Bulan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati,  Senin (04/03/2019). Bupati Darwis Moridu bertindak sebagai Pembina Apel. Apel dihadiri Sekretaris Daerah Husain Etango, para Pimpinan SOPD serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Boalemo.

Dalam sambutannya, Bupati Darwis menyampaikan Pemeritahannya bersama Wakil Bupati Anas Yusuf sudah berjalan Dua Tahun. Dan pada saat menjalankan Roda Pemerintahan Dua Tahun ini pihaknya telah melaksanakan 14 Program Pemerintahan DAMAI.

“Dimana Angka Kemiskinan telah mampu Kita turunkan, serta pada Tahun 2018 hasil Penilaian dari Ombudsman Perwakilan Provinsi Gorontalo yang mana Boalemo mengalami peningkatan, dari Zona Merah naik menjadi Zona Kuning. Sebelumnya pada Tahun 2017 kita berada pada Zona Merah dalam dan pada Tahun 2018 kita mendapat penilaian 52,” ungkap Darwis Moridu saat memimpin Apel.

Diakuinya semua capaian selama dua tahun kepemimpinannya bersama Anas Yusuf atas kerja sama antara Pimpinan dan seluruh Staf. Apalagi dengan adanya kegiatan Boalemo Melayani Warga (BMW) maka pelayanan terhadap Masyarakat benar-benar merata sampai ke pelosok Desa.

Pada kesempatan itu, Bupati Darwis menyampaikan penilaian Kemenpan untuk SAKIP Pemerintah Kabupaten Boalemo yang masih jauh dari harapan.

“Sangat perlu saya sampaikan soal penilaian Kemenpan untuk SAKIP Boalemo dimana pada Tahun 2017 memperoleh Kategori C Nilai 40 dan pada Tahun 2018 juga mendapat hasil yang sama yaitu Kategori C dengan Angka 51,97 dengan capaian Dua Tahun berturut-turut tidak ada perubahan,” terang Darwis.

Apel Awal Bulan Yang Dipimpin Langsung Bupati Darwis Moridu

Lebih lanjut, Darwis meminta seluruh SOPD di bawah pengawasan Bappeda Boalemo untuk menseriusi persoalan SAKIP. Begitu juga dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah agar tetap di pertahankan, karena BPK RI telah menghimbau pada bulan Mei 2019, setiap Kabupaten yang telah meraih WTP agar terus mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

“Saya berharap kejadian seperti ini tidak akan terulang pada Tahun 2019, mari Kita seriusi apa faktor masalah sehingga hasil penilaian dari Kemenpan bisa menempatkan Kabupaten Boalemo pada kategori C. Selain menseriusi ini Kita juga harus mempertahankan semua prestasi yang sudah Kita dapatkan, salah satunya WTP,” harap Darwis.

“Ini merupakan hasil kerja keras dari SOPD di lingkungan Kabupaten Boalemo. Demikian halnya LHKPN dan LHKASN dimana batas pelaporannya sampai pada 31 Maret 2019, maka harus secepatnya di laksanakan, sebelum ada Evaluasi pada bulan April.” lanjut Darwis Moridu.

Laporan: Mukrin Laete
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini