oleh

Pleno Rekapitulasi Suara KPU Kota Gorontalo Berlangsung Alot

LINTAS POLITIK (LIGO) – Rapat pleno Rekapitulasi Perolehan Suara yang dilakukan KPU Kota Gorontalo, Selasa (30/04) di Grand Convention Center Kota Gorontalo, berlangsung alot.

Pasalnya selama Penyampaian Perolehan Suara dari masing-masing PPK, sering mendapatkan tanggapan dari Saksi Perwakilan Partai. Sehingga tak jarang membuat KPU harus melakukan Skorsing untuk menyelesaikan permasalahan yang di ungkapkan Saksi.

Dalam pantauan media ini, umumnya tanggapan yang di sampaikan Saksi karena Perolehan Suara yang di nilai tidak sesuai Perhitungan Partai, bahkan ada Saksi yang melakukan komplain meminta tanggapan KPU, adanya jumlah Pemilih di dalam satu TPS antara Jumlah Pemilih yang menyalurkan Suara pada Pemilihan Presiden dan Legislatif berbeda.

Hal ini mendapat tanggapan dari Ketua KPU Kota Gorontalo Sukrin Saleh Taib.

“Jumlah Pemilih pada Daftar Pemilihan Presiden dan Legislatif itu berbeda tergantung dari Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb), apakah DPTb tersebut dari luar Provinsi atau dalam satu Provinsi namun hanya Pindah Daerah Kabupaten/Kota Memilih,” kata Sukrin dalam Rapat tersebut.

Dirinya menambahkan, apabila DPTb tersebut berasal dari Luar Provinsi Gorontalo, maka DPTb tersebut hanya mendapat satu Surat Suara untuk di coblos, yakni hanya Surat Suara Calon Presiden dan Wakil Presiden.

Meskipun Pleno Rekapitulasi tersebut sering berselisih pendapat antara Saksi dan KPU namun tetap berjalan kondusif.

Saksi Partai Politik yang menyampaikan tanggapan atas Perolehan Suara yang disampaikan PPK

Hingga berita ini di muat, pukul 21 : 51 WITA, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara masih berlangsung.

Selain Saksi dan KPU, dalam Rekapitulasi itu juga dihadiri Bawaslu Kota Gorontalo serta Aparat Kepolisian dan TNI yang lakukan pengamanan Rapat Pleno.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini