oleh

Plus-Minus Bupati Nelson Memimpin Kabupaten Gorontalo Di 2018

LINTAS KABGOR (LIGO) – Tidak bisa dipungkiri, berbagai kemajuan Pembangunan di Era Pemerintahan Nelson Pomalingo sejak awal menjabat Bupati Kabupaten Gorontalo, Pembangunan selalu berjalan dengan baik. Mulai dari Pembangunan SDM, Infrastruktur, Kemiskinan, Pengangguran telah mengalami banyak Perubahan.

Selama Tahun 2018 ini saja, berbagai Program telah berhasil direalisasikan. Namun masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikannya pada 2019 nanti.

Nilai Plus Pemerintahan Nelson Tahun 2018

Nelson yang juga bagian dari sejarah, sebagai Deklarator Pembentukan Provinsi Gorontalo ini setelah memutuskan ingin menjadi Bupati dan meninggalkan Jabatan Rektornya nampak tak pernah main-main menjalankan tugas sebagai Bupati. Sejak awal Neson telah berhasil menurunkan Angka Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo. Pada Tahun 2018 ini tercatat, Angka Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo kembali turun dari 20.55 persen menjadi 19.80 persen.

Jumlah Pengangguran juga mengalami penurunan, dari 3.4 persen menjadi 3.2 persen. Bukan hanya itu, dalam Laporan Pengelolaan Pemerintahan, Kabupaten Gorontalo masuk dalam 50 besar Daerah yang mampu mengelolah Pemerintahan dengan baik. Pelayanan Publik pun demikian, mengalami kenaikan dari Merah ke Kuning. Namun Nelson tidak puas.

“Meski Pelayanan Publik Kita naik dari Merah ke Kuning saya belum puas, sebab belum Hijau,” kata Nelson

Anggaran Daerah Kabupaten Gorontalo juga mengalami kenaikan dari 1.4 Triliun Rupiah menjadi 1.5 Triliun Rupiah, Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga mengalami kenaikan. pertumbuhan Ekonomi di tahun 2018 naik 6.9 persen.

Masalah Stunting di Kabupaten Gorontalo pada Tahun 2018 mengalami Penurunan menjadi 10 persen. Hal ini berarti selama 2018 terjadi penurunan 20 persen dari 30 persen masalah Stunting.

Berbagai capaian ini membuat Nelson dan jajarannya wajib diacungi jempol, karena telah membuktikan bahwa Pemerintah benar-benar hadir di tengah Masyarakat, memberikan kepuasan pelayanan dan menekan angka kemiskinan.

Nilai Minus Pemerintahan Nelson Tahun 2018

Meskipun berbagai Program telah berhasil direalisasikan, namun masalah Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo masih terbilang cukup besar. Hal tersebut juga diakui Nelson.

“Kemiskinan kita 2018 ini mengalami penurunan, namun Angka Kemiskinan itu masih besar,” kata Nelson dalam Konferensi Pers. Senin (31/12) Pendopo Rumah Dinas Bupati Gorontalo.

Di tahun 2019, Nelson masih harus memikirkan masalah Tenaga Kerja di Gorontalo yang masih banyak, merupakan lulusan Sekolah Dasar. Hal ini berpengaruh pada Angka Kemiskinan itu sendiri, karena meskipun lulusan SD ini memiliki pekerjaan, namun Gaji yang didapatkan masih jauh dari yang diharapkan.

Selain itu, produktivitas Pertanian juga harus dipikirkan, terutama bagi Petani Padi/Sawah. Bila dibandingkan dengan Daerah Bone Bolango dan Kota Gorontalo, produktivitas Pertanian di Kabupaten Gorontalo masih kalah, sebab di dua Daerah ini, rata-rata setiap tahun Petani Sawah bisa lakukan panen sampai 3 kali, sementara di Kabupaten Gorontalo hanya 1 atau 2 kali saja.

Nelson mengakui bahwa, hal itu diakibatkan dari Sistem Drainase/Pengairan sawah di Kabupaten Gorontalo masih kurang maksimal.

“Tahun 2019, akan perbaiki Sistem Drainase kita agar produktifitas Pertanian kita meningkat,” ucap Nelson

Masalah pengangguran masih menjadi tantangan bagi Nelson, sebab banyak dari lulusan Sarjana tidak mendapatkan pekerjaan sesuai Ilmu Kejuruan dan memilih untuk menganggur.

Beberapa Proyek Infrastruktur yang belum rampung masih menjadi sorotan, Namun Nelson berjanji pada 2019 akan diselesaikan.

“Proyek Infrastruktur Kitahanya tinggal berapa Persen saja yang harus diselesaikan tahun 2019. Rumah Sakit Boliyohuto juga tahun depan akan kita selesaikan,” tandasnya

Laporan: Najid Lasale

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda