oleh

Polemik Pilkades Desa Bongo Nol Boalemo

BOALEMO (LIGO.id) – Penetapan Calon Kepala Desa (Pilkades) Bongo Nol, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo menimbulkan polemik. Pasalnya, pada Tahapan Pilkades, Panitia dinilai tidak memverifikasi Keabsahan Berkas Bakal Calon Kepala Desa. Hal ini membuat Masyarakat yang merupakan salah satu Pendukung Bakal Calon, melakukan protes kepada Panitia Pilkades Desa Bongo Nol.

Wal Muda, Bakal Calon Kepala Desa Bongo Nol yang digugurkan Panitia Pelaksana Pilkades, Rabu (16/10)  bersama Pendukungnya menyampaikan keberatan kepada Panitia Pilkades, atas tindakan Panitia yang menggugurkan Dirinya dari Calon Kepala Desa. Wal Muda sangat menyayangkan atas Putusan yang dilakukan terhadap Dirinya itu.

“Pada dasarnya ini merupakan kesalahan dari Panitia Pilkades, disebabkan tidak teliti dalam memverifikasi Berkas Bakal Calon,” ungkap Wal Muda.

Wal Muda menuding Panitia Pilkades tidak melaksanakan Tahapan dan meneliti Keabsahan Berkas Bakal Calon Kepala Desa. Karena itu Dirinya meminta Panitia Pilkades untuk mengkaji kembali masalah Tahapan Pilkades tersebut.

“Persoalan Administrasi itu dikaji kembali, dan ini merupakan Permintaan Masyarakat di Bongo Nol, Kami minta supaya ini tidak akan jadi polemik di masyarakat, maka proses Tahapan harus sesuai Regulasi yang ada, serta menyelenggarakan dengan sejujurnya dan seadil-adilnya,” tegas Wal Muda.

Merasa dirugikan dengan Tahapan Verifikasi yang tidak dilakukan Panitia Pilkades,  masyarakat pendukung Wal Muda sangat marah dan kecewa. Wal Muda Pun kepada Panitia  menegaskan, akan menolak hasil Pilkades Bongo Nol apabila Panitia setelah melakukan kajian, namum Namanya tidak ditetapkan menjadi Calon Kepala Desa Bongo Nol.

“Jika Hasil Kajian kembali oleh Panitia Pilkades dan Panitia Kabupaten tetap memutuskan 4 Calon, maka Kami akan akan menolak, dan meminta Pelaksana Pilkades di Desa Bongo Nol ditunda,” tegas Wal.

Sementara, Asisten I Fadlina Podungge yang merupakan Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Boalemo, di saat yang sama menyampaikan bahwa, bahwa Tim Verifikasi dari Kabupaten setelah melihat kondisi yang terjadi, mengharuskan Panitia, untuk melakukan Penetapan Calon Kepala Desa Bongo Nol.

“Besok Kami akan tunggu Panitia Pilkades, dan Tim BPD, bersama Panitia Kabupaten, sama-sama merumuskan terkait Persoalan yang terjadi, semoga dapat menghasilkan Keputusan yang tidak merugikan masyarakat dan Bakal Calon,” harap Asisten I, Fadlina Podungge. (*C01).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini