oleh

PPMI Kota Gorontalo Membuka Seleksi Peserta Jambore Pemuda Indonesia 2018

LINTAS KOMUNITAS (LIGO) – Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kota Gorontalo bersama Disparpora Kota Gorontalo membuka seleksi peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang akan dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Oktober 2018 mendatang. Seleksi akan dimulai pada, Senin (20/08/2018) selama 2 hari, bertempat di Hotel Sumberia, Jln. Budi Utomo Kota Gorontalo.

Ketua PPMI Kota Gorontalo Rahmat Hunawa saat ditemui lintasgorontalo.com diruang kerjanya mengatakan, seleksi peserta Jambore Pemuda Indonesia adalah suatu ketentuan sebelum menjadi duta pemuda di Provinsi Gorontalo.

“Proses seleksi ini memang sudah menjadi ketentuan. Jadi sebelum menjadi utusan dri pada duta pemuda Provinsi Gorontalo, akan dilakukan terlebih dahulu seleksi di tingkat Kabupaten/Kota. Setelah dari tingkat Kabupaten/Kota, itu masih akan diseleksi di tingkat Provinsi. Dari hasil seleksi Provinsi inilah yang akan mewakili Gorontalo di Jambore Pemuda Indonesia,”Terang Rahmat.

Peserta seleksi, dikatakan Rahmat terdiri dari semua kalangan pemuda, baik yang berkecimpung di organisasi kampus, organisasi kepemudaan dan lainya, asalkan memenuhi kriteria seperti keahlian dan umur.

“Kami seleksi semua pemuda organisasi kepemudaan. Dan mereka harus punya wawasan. Juga batasan usia ini dari 18 sampai 24 tahun,” kata Rahmat.

Dalam proses seleksi, ada beberapa hal yang harus diikuti oleh peserta Jambore Pemuda Indonesia di Kota Gorontalo. Seperti tes wawancara, tes tertulis, tes wawasan kebangsaan, tes kepemudaaan, tes etika dan moral, tes Bahasa inggris, bahasa Gorontalo dan keterampilan kewirausahaan.

“Jadi memang salah satu yang harus dimiliki pemuda adalah memiliki jiwa wirausaha, karena nanti di Jambore itu semua kebudayaan dan keterampilan disana itu adalah hasil kerajinan khas daerah. Jadi mereka ini harus bisa mempromosikan dan memasarkan produk asli Gorontalo,” jelasnya.

Lanjut Rahmat, untuk tahun 2018 ini hanya ada delapan peserta terbagi 4 Laki-Laki (PA) dan 4 Perempuan (PI)

“Dari semua yang ikut seleksi hanya sedikit yang lolos. Termasuk untuk tahun ini diterima hanya sekitar 8 orang. Kuota peserta JPI pernah dari 14 orang turun jadi 12 orang turun lagi smpai hanya 10 orang dan terakhir itu 9 orang. Tahun ini berkurang lagi,” ungkap Rahmat Hunawa

“Tahun kemarin membludak peserta yang ikut ada sekitar seratus lebih. Banyaknya peserta ikut seleksi itu karena yang mau masuk kan ada dari pemuda masyarakat umum, mahasiswa juga utusan utusan tiap-tiap Kecamatan. Namun dari semua yang ikut seleksi hanya sedikit yang lolos,” tambah Rahmat

Persyaratan Peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2018. (foto: WA Zulkarnain Husain)

Melalui seleksi yang dilaksanakan ini, Rahmat berharap, peserta yang akan terpilih nanti adalah pemuda yang memiliki kompetensi.

“Semoga yang terpilih adalah mereka dengam kualitas, kreatifitas dan skil yang baik,” harap Rahmat

Laporan : Iyas
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda