oleh

Rapat BKSU, Pengembangan Kerja Sama Bidang Pariwisata Jadi Bahasan Utama

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) menggelar rapat untuk membahas rencana pengembangan kerja sama bidang pariwisata antara daerah kabupaten, bertempat di Galery Penataan Ruang Kantor Bupati Bone Bolango (Bonebol), Kamis (26/7/2018).

“Rapat yang dipimpin langsung Sekretaris Jenderal BKSU Fachrudin Olilingo,” kata Kepala Bappeda-Litbang Bonebol, Iwan Mustapa.

Iwan Mustapa mengatakan, rencana pengembangan kerja sama bidang pariwisata antar daerah kabupaten ini, khususnya dalam lingkup empat daerah yang tergabung dalam BKSU, yakni Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), dan Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Provinsi Gorontalo.

“Kerja sama sektor pariwisata ini, juga akan menjajaki kemungkinan kerja sama dengan daerah lain diluar empat daerah di BKSU. Seperti dengan Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat, Kabupaten Luwuk Provinsi Sulawesi Tengah, dan daerah-daerah potensial lainnya,” ungkap Iwan Mustapa.

Dia menyebutkan, beberapa rencana kerja sama yang akan dikembangkan mulai tahun depan, yakni kerja sama dalam promosi bersama, pembinaan sumber daya manusia (SDM), dan pelaksanaan event pariwisata terpadu pada tahun 2019.

Lebih lanjut, Iwan Mustapa menambahkan, selain membahas tentang rencana kerja sama bidang pariwisata. Lewat rapat BKSU itu, dievaluasi juga progres pelaksanaan kerja sama pengembangan peternakan dan perikanan budidaya.

“Diharapkan menjelang penyusunan rencana pembangunan tahun 2019, masing-masing kabupaten dapat mengintegrasikan rencana kerja BKSU ke dalam perencanaan anggaran daerah masing-masing,” terang Iwan Mustapa

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda