oleh

Realisasi Penerimaan Retribusi Rendah, Badan Keuangan Kabgor Evaluasi OPD

LINTAS KEUANGAN (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Badan Keuangan Daerah, lakukan Evaluasi Pemungutan Retribusi Daerah Tahun Anggaran 2019, sekaligus melakukan rekonsoliasi benda-benda berharga kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) . Rabu, 25 September 2019.

Evaluasi tersebut dipimpin langsung Asisten Administrasi Umum Drs. Hen Restu, MM.,yang di dampingi Kepala Badan Keuangan, Dra. Dewi Masita Usman, Kepala Bidang P3E Pendapatan Daerah, Ir Vian Djafar dan Kepala Bidang Pendapatan, Syaifusin Abdullah,S.Sos.

Dalam evaluasi itu Dra. Dewi Masita Usman mengungkapkan hingga triwulan II Tahun 2019, capaian realisasi penerimaan retribusi masih terbilang rendah, yakni sebesar Rp. 3.293.896.580,- (Tiga milyar dua ratus sembilan puluh tiga juta delapan ratus sembilan puluh enam ribu lima ratus delapan puluh rupiah) atau 66,02%.

“Realisasi ini masih terbabg rendah dari target yang ditetapkan sebesar Empat milyar sembilan ratus delapan puluh sembilan juta dua ratus tujuh puluh dua ribu lima ratus tujuh rupiah,” Ungkap Kepala Badan Keuangan, yang mengharapkankan melalui evaluasi ini dapat dicarikan solusi atas rendahnya retribusi Daerah.

Disamping itu, OPD yang realisasi penerimaan retribusinya melampaui target Triwulan III tahun 2019 (75%) adalah Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup dan SDA, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Bagian Umum Setda kabupaten Gorontalo dan Badan Keuangan. sedangkan yang mencapai target adalah Dinas Pemuda  Olahraga dan Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas PU dan Penataan Ruang, Dinas PTSP dan Penanaman Modal dan Dinas Pertanian.

Mendengar laporan tersebut, Asisten Administrasi Umum, Drs. Hen Restu menekankan pada OPD yang belum mencapai target untuk menyampaikan permasalahan yang ditemui dan segera mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Perwakilan OPD Mengikuti Evaluasi Penerimaan Retribusi Daerah.

OPD yang mendapat perhatian khusus yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan terkait sewa petak/los Pasar, Dinas PU dan Penataan Ruang  terkait  sewa alat berat dan uji Laboratorium untuk diaudit oleh Inspektorat.

Untuk lebih mengoptimalkan penerimaan Daerah yang bersumber dari retribusi, OPD disarankan untuk membuat aplikasi pembayaran retribusi Daerah.

Sementara itu, rapat terkait rekonsiliasi benda-benda berharga merupakan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo pada Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Tahun Anggaran 2018 sebagai fungsi Pengendalian dan Pengawasan Pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Gorontalo.

Laporan: Najid
Editor: Syahrirz

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini