oleh

Resmi Dilaunching, E-Samsat Mudahkan Pembayaran Pajak Kendaraan

LINTAS PEMPROV (LIGO) – Elektronik Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau yang dikenal dengan (E – Samsat) resmi di launching Gubernur Gorontalo Drs.H. Rusli Habibie M.Ap.

Hadirnya E- Samsat tersebut, untuk
mewujudkan pelayanan maksimal terhadap pembayaran pajak kenderaan oleh masyarakat di Provinsi Gorontalo. Dengan E- Samsat, pembayar pajak tidak perlu lagi mendatangi kantor samsat, karena pembayaran sudah bisa dilakukan melalui Bank Sulutgo dan Bank BRI.

“Untuk pembayaran pajak melalui E- Samsat ini alhamdulillah sudah bisa kita realisi berdasarkan refensi KPK. Berdasarkan referensi KPK, untuk pembayaran pajak itu dilakukan dengan menggunakan 3 Bank namun untuk Gorontalo kita baru memberikan kesempatan kepada 2 Bank yaitu BRI dan Sulutgo,” ucap Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Lanjut Gubernur Rusli, pembayaran pajak dengan E-Samsat dapat dilakukan kapan dan dimana pun. Bahkan hari libur dapat melayani pembayaran pajak.

“Salah satu cara yang akan kita lakukan melibatkan bentor. Jadi pembayar pajak tidak perlu lagi datang ke samsat untuk mengambil hasil pembayaran pajak, nanti diberikan alamat ke bentor online untuk mengantar hasil pembayar pajak,” terang Rusli.

Saat ini, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Gorontalo dari pajak kenderaan bermotor mencapai 80% atau 331 miliyar setiap tahunnya. Bahkan pembayaran pajak kenderaan di Gorontalo dapat mencapai 250 juta setiap hari.

Pada kegiatan launching E-Samsat juga telah dilakukan penandatanganan MoU E-Samsat antara Gubernur Provinsi Gorontalo, Kapolda Gorontalo, Jasa Raharja, Bank Sulutgo dan Bank BRI.

Penandatanganan MoU E- Samsat

Launching tersebut juga dihadiri, Wakil Gubernur Gorontalo, Dr. Drs. H. Idris Rahim MM, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Dra. Idah Syahidah Rusli Habibie M.H, Kapolda Gorontalo beserta jajarannya Walikota Gorontalo dan seluruh pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda