oleh

Resmikan IPAL Desa Potanga, Bupati Nelson Minta Masyarakat Ikut Menjaga

LINTAS KABGOR (LIGO) – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meresmikan Penggunaan Alat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kumunal, Desa Potanga, Kecamatan Boliyohuto, Sabtu (30/03/2019).

Bupati Nelson Pomalingo dalam sambutannya mengatakan, Pemkab terus mendorong Pemanfataan Instalasi Pengelolaan Air Limbah. Dari tahun ke tahun, IPAL terus diadakan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Gorontalo.

“Tahun 2018 tersebar di 13 Desa dari 6 Kecamatan. Diantaranya Kecamatan Bongomeme, Boliyohuto Mootilango, Telaga, Asparaga dan Bilato dengan total Anggaran kurang lebih Rp 8 Milyar.” tutur Nelson.

“Untuk Tahun 2019 ini IPAL tersebar di 24 Desa di 11 Kecamatan seperti Bongomeme, Asparaga, Tilango, Telaga, Telaga Biru, Dungaliyo, Limboto Barat, Pulubala, Mootilango, Boliyohuto dan Bilato dengan total Anggaran kurang lebih 18 miliar,” terang Nelson Pomalingo.

Lebih lanjut, Nelson berharap masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjaga IPAL,  karena semua yang dibangun oleh Pemerintah Daerah agar masyarakat nyaman dan sehat. Menurut Nelson, tidak hanya tingkat ekonomi yang harus ditingkatkan tapi masyarakat juga didorong untuk menjadi sehat.

“Semua ini Kita lakukan, tetapi yang paling utama bagaimana Penggunaan dari Masyarakat. Kami Pemerintah hanya membangun, hanya bagaimana Masyarakat menggunakan dengan baik, karena itu disini sudah ada KSM, Mereka lah yang mendampingi dan seluruh masyarakat Desa Potanga yang kurang lebih ada 50 Kepala Keluarga (KK),” harap Nelson.

Diakhir sambutannya, Nelson meminta Kepala Desa Potanga untuk membuatkan taman di sekitar IPAL, sehingga dapat di lihat Asri dan Indah serta menjadi lokasi berekreasi bagi masyarakat sekitar.

“Pak Kades, ini bangus ada Taman yang bisa masyarakat nikmati. Biar juga kelihatannya sejuk dan pasti Orang akan senang datang,” pinta Nelson Kepada Kades Potanga.

Peresmian IPAL ditandai dengan Penandatangan Prasasti dan Pengguntingan Pita oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Laporan : Yysirab/Hms
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini