oleh

Respon KNPI Provinsi Gorontalo Soal Rencana Jokowi Pindahkan Ibukota Negara

LINTAS KOMUNITAS (LIGO) – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Gorontalo memiliki pikiran banding atas dipilihnya Kalimantan Timur sebagai wilayah yang dipilih untuk Pusat Pemerintahan atau Daerah Ibu Kota Negara yang Baru.

Ketua KNPI Provinsi Gorontalo Ghalib Lahidjun justru menawarkan Gorontalo sebagai wilayah yang pantas untuk Ibu Kota Negara yang baru.

Hal ini disampaikannya dalam Konferensi Pers, Sabtu kemarin di salah satu Perguruan Tinggi Swasta Gorontalo. Menurut Ghalib ada beberapa alasan mengapa KNPI Gorontalo menawarkan Gorontalo sebagai Daerah Ibu Kota Negara yang layak.

“Provinsi Gorontalo Merdeka Lebih Awal dari Provinsi lain yang ada di Indonesia. Gorontalo adalah satu-satunya daerah diluar Pulau Jawa yang memiliki Tokoh Nasional sebagai Presiden Indonesia, yakni (Alm) Prof. DR. Ing. BJ. Habibie,” ungkap Ghalib.

Disamping dua hal tersebut, Ghalib juga mengutarakan Alasan lain mengapa Gorontalo layak menjadi Ibu Kota Negara. Diantaranya Gorontalo sebagai Daerah Adat yang memegang teguh falsafahAdat Bersedikan Syara’ dan Syara’ Bersedikan Khitabullah.” Kultur masyarakat Gorontalo juga kata Ghalib terbuka dengan perbedaan yang menjadi modal dalam Menjaga, Merawat dan Mempertahankan Kebhinekaan.

“Kalau Gorontalo menjadi Ibu Kota Negara, ini dapat mendorong Percepatan dan Kemajuan serta Pemerataan Pembangunan di Bagian Timur Indonesia secara khusus,” ungkap Ghalib.

Alasan-alasan yang disampaikan Ghalib tersebut merupakan respon adanya wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia. KNPI Gorontalo menawarkan Gorontalo menjadi Ibu Kota Indonesia agar percepatan pertumbuhan ekonomi semakin meningkat, karena wilayah Provinsi Gorontalo kata Ghalib punya potensi untuk menjadi Ibu Kota Indonesia.

“Seandainya Rekomendasi ini tidak dapat terealisasikan, minimal Gorontalo menjadi salah satu Daerah Khusus seperti Jogjakarta, dan ini akan diajukan dalam Rakernas KNPI yang nantinya akan diadakan di Jakarta,” terang Ghalib kepada media yang mempertanyakan rencana kedepan KNPI bila tawarannya itu tidak dapat respon dari Pemerintah Pusat.

KNPI Provinsi Gorontalo saat Konferensi Pers terkait rencana pemindahan Ibukota Negara

Dalam Konferensi Pers yang juga disaksikan langsung oleh Mahasiswa ini, mereka meragukan soal tawaran KNPI Gorontalo soal Pemindahan Ibu Kota ke-Gorontalo. Justru menurut Mahasiswa, KNPI hanya ingin cari panggung.

Kritikan Mahasiswa tersebut langsung ditanggapi Ketua KNPI Kota Gorontalo Dita Anggriani Polapa yang saat itu turut mendampingi Ghalib, Dirinya menyampaikan optimisme ihwal usulan KNPI tentang Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Gorontalo.

“Sebagai Pemuda, Kita harus Optimis dan Berani untuk mengambil tindakan ini, dan Saya tegaskan kalau hal ini bukanlah upaya KNPI untuk mencari panggung untuk menaikkan popularitas KNPI di mata masyarakat, tetapi semata-mata untuk kemajuan Provinsi Gorontalo dan meningkatkan perekonomian melalui Rekomendasi Pemindahan Ibu Kota ini,” ucapnya ketika menanggapi pertanyaan Mahasiswa.(A03).

Editor: Najid

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini