oleh

RSUD Toto Kabila Mulai Jalani Akreditasi SNARS

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, mulai menjalani akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi-1 tahun 2018, Senin (5/11).

Pelaksanaan akreditasi SNARS edisi-1 tahun 2018 RSUD Toto Kabila ini akan berlangsung selama empat hari kedepan dan dilakukan langsung oleh tim surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), yang terdiri dari dr. Laurens TH.B. Kalesaran, Sp.B, dr. Pantja Kuntjoro, M.Kes (MMR), M.Eng, Dr. Dr. Prita Muliarini, Sp.OG (K) Si, dan Satria Gobel, S.Kp, M.Kep, Sp.KOM.

Wakil Bupati Bonebol Mohamad Kilat Wartabone didampingi Sekda Ishak Ntoma, Asisten III Syarifudin Uloli, Kadis Kesehatan dr. Meyrin Kadir, Direktur RSUD Toto Kabila dr.Serly Daud, M.Kes, saat menerima tim surveior KARS sekaligus membuka pelaksanaan akreditasi SNARS mengatakan, RSUD Toto Kabila merupakan salah satu RSUD yang sangat berperan besar dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat di Provinsi Gorontalo, khususnya di Kabupaten Bonebol.

“RSUD Toto Kabila ini, menjadi satu-satunya rujukan pelayanan urologi maupun pasien yang menderita penyakit ginjal di Provinsi Gorontalo dan sekitarnya,” kata Kilat Wartabone.

Wabup menambahkan, Pemkab Bonebol sebagai representase pemilik rumah sakit itu, selalu berkomitmen untuk membangun rumah sakit tersebut. Hal ini sebagaimana diwujudkan melalui pembangunan saat ini, diantaranya pembangunan kamar operasi, ruangan intensiv care, serta ruangan UGD dan unit transfusi darah.

”Insya Allah pembangunan beberapa fasilitas itu, tahun ini juga akan selesai,” ujar Wabup Kilat Wartabone.

Bupati Hamim Pou didampingi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, dan Sekda Ishak Ntoma saat menerima sekaligus berpose bersama dengan Tim Surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), di Grand Q. Hotel Gorontalo, Minggu (4/11) malam. (F.AKP)

Menurutnya, pembangunan fasilitas RSUD Toto Kabila ini akan terus dilanjutkan dengan membangun beberapa gedung pelayanan.

”Target kami selaku pemerintah daerah, tahun 2021 nanti seluruh gedung rumah sakit ini selesai dibangun, berikut dengan sumber daya manusianya yang akan terus ditingkatkan,” jelas cucu dari Pahlawan Nasional, Nani Wartabone itu.

Oleh karena itu, Wabup Kilat Wartone berharap lewat pelaksanaan akreditasi SNARS ini, RSUD Toto Kabila menjadi rumah sakit yang benar-benar telah terstandarisasi secara nasional. Bahkan dapat mencapai paripurna sebagaimana harapan kita semua.

“Pencapaian yang ada saat ini merupakan kerja sama yang baik, antara seluruh stakeholder di Bonebol, serta kerja sama tim di dalam RSUD Toto Kabila untuk bersama-sama membangun rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan yang cemerlang,” papar Wabup Kilat Wartabone.

Laporan: Hms/Kdr/Mirna Ahaya
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini