oleh

SAKIP Bone Bolango Predikat “BB”, Bupati Hamim : Jangan Sampai Turun

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou membuka acara coaching clinic penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan diseminasi reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Bonebol tahun 2018, di Hulondalo Ballroom Grand Q Hotel Gorontalo, Rabu (4/7/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan Bappeda-Litbang Bone Bolango selama dua hari dari tanggal 4-5 Juli 2018 itu, merupakan bagian dari kegiatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) aparatur perencanaan di lingkungan Pemkab Bonebol.

Dalam sambutannya Bupati Bonebol Hamim Pou mengatakan, Pemkab Bonebol telah berupaya menyelenggarakan pemerintahan dengan berprinsip pada tata kelola pemerintah yang baik dan berorientasi pada hasil sesuai dengan kewenangannya.

Menurutnya, dalam mewujudkan good governance, akuntabilitas merupakan salah satu aspek penting yang harus diimplementasikan dalam manajemen pemerintahan.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Hamim Pou, SAKIP tidak hanya sekedar alat akuntabilitas, tapi juga sebagai sarana yang strategis untuk mengevaluasi diri dalam rangka peningkatan kinerja kedepannya. Dengan langkah ini, setiap OPD dapat senantiasa melakukan perbaikan dalam mewujudkan praktek-praktek penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Alhamdulillah dengan kerja keras kita sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang Kabupaten Bonebol bisa mendapatkan predikat (BB) untuk SAKIP tahun 2017. Ini merupakan prestasi luar biasa untuk kita di Bonebol karena pada tahun 2016 predikat SAKIP kita adalah (CC) dan mengalami lompatan ke predikat (BB),” tutur Bupati Hamim Pou.

Sekarang kata Bupati, SAKIP Bonebol sudah di (BB). Jadi tidak ada lagi istilah kita turun ke (CC). SAKIP kita sudah dapat (BB), sudah dapat opini WTP lima kali berturut-turut, sudah dapat piala Adipura, proporsi anggaran untuk publik lebih besar daripada belanja aparat.

“Jadi SAKIP kita tidak boleh mundur lagi,” tegas Hamim

Untuk itu, Hamim kita berharap agar SAKIP Bonebol (BB) jika belum bisa melompat ke (A) paling tidak jangan turun, harus tetap dipertahankan.

”Saya minta kepada seluruh OPD untuk menseriusi dan memberi perhatian betul terhadap SAKIP tersebut. SAKIP kita tidak boleh turun dari (BB),” ungkap Bupati Hamim Pou sembari menyampaikan terima kasih kepada tim dari Kementerian Pan-RB RI yang terus mensupport Kabupaten Bonebol.

Laporan : Moh. Efendi Hasan
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini