oleh

Sanksi UNISAN Dicabut,,!! Ini Harapan Ketua L2DIKTI Wilayah IX

LINTAS KAMPUS (LIGO) – Setelah Kemenristek Dikti melakukan Evaluasi Persyaratan Administrarif yang dikirimkan oleh Perguruan Tinggi Swasta Unisan Gorontalo, melalui surat Nomor:T/1503/C.C5/KB.06.02/2019, yang ditandatangani Plt. Direktur Jenderal, Patdono Suwignjo, Kemenristek Dikti menyatakan Sanksi Administratif Unisan akhirnya dicabut.

Kabar baik ini disampaikan Ketua LLDIKTI Wilayah IX Prof. Jasrudin kepada LintasGorontalo. Rabu (04/09). Jasrudin menyampaikan apresiasinya atas usaha dan kerja keras Pimpinan Unisan Gorontalo, DR. Gaffar Latjokke yang mampu menggerakan seluruh elemen untuk memenuhi tuntutan Kementerian (Ristekdikti RI) sehingga sanksi dapat dicabut dalam waktu singkat.

”Ini adalah Pencabutan Sanksi tercepat yang pernah terjadi di LLDikti wilayah IX, Untuk Perguruan Tinggi sekelas Unisan,” ungkap Jasrudin.

Dirinya melihat ada beberapa alasan mengapa sanksi Unisan dicabut dalam waktu yang sangat singkat. Pertama kata Dia, pimpinan Unisan tidak terlibat dalam Praktek Pelanggaran yang terjadi,  melainkan Perbuatan Oknum.

“Yang kedua adalah karena seluruh elemen di Unisan sepakat untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh dan mau mengakui bahwa memang telah terjadi Pelanggaran oleh Oknum dan karenanya harus ada upaya Perbaikan, bukan bertahan untuk menyembunyikan kesalahan,” terang Prof. Jasrudin.

Surat Pencabutan Sanksi Unisan Gorontalo

Disamping dua hal tersebut, Jasrudin memberikan apresiasi kepada Media di Gorontalo yang sebagian besar memberikan Pemberitaan yang Proporsional dan Akurat. Jika ada Pemberitaan yang sedikit memojokkan, itu kata Dia hanya karena Sumber Informasi yang tidak valid.

Jasrudin berharap kepada Unisan dan Perguruan Swasta lainnya dibawah naungan LLDIKTI Wilayah IX agar menjadikan hal ini pelajaran untuk menjadi peringatan pada Tata Kelola Institusi selanjutnya.

“Diharapkan juga agar Perguruan Tinggi Swasta lain bisa belajar dari peristiwa ini karena Kementerian sudah memiliki perangkat yang sekaligus menjadi perangkap untuk mengontrol proses di Perguruan Tinggi,” harapnya.

Status PDPT Dikti untuk Unisan Gorontalo per 4 September 2019 pukul 18.00

Sementara itu, pihak Unisan ketika dihubungi Lintas Gorontalo, berjanji dalam waktu dekat akan melaksanakan Konferensi Pers terkait pencabutan sanksi Unisan. (B01)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda