oleh

Semarak Tumbilotohe Di Gorut, Wabup Thariq Tinjau Kesiapan Warga

LINTAS GORUT (LIGO) – Tumbilotohe adalah tradisi warga masyarakat muslim Gorontalo pada malam ke 27 Ramadhan. Tradisi ini bukan sekedar suatu kebiasaan semata namun mengandung nilai ibadah kepada Allah SWT.

Hal ini di sampaikan oleh Wabup Gorut, Thariq Modanggu, di saat meninjau warga masyarakat Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang yang sementara mempersiapkan Tumbilotohe malam nanti.

“Ya, pada hari ini Jumat (30 Mei 2019) bertepatan dengan 26 Ramadhan 1440 H, saya bersama Sekdin Pariwisata, Camat Kwandang dan Para Kepala Desa yang ada ini, sementara melihat langsung bagaimana antusias masyarakat untuk pelaksanaan Tumbilotohe tahun ini, kata Wabup di dampingi Sekdin Pariwisata dan Camat Kwandang.” kata Thariq Modanggu.

“Tumbilotohe ini hanya ada di Gorontalo, dan merupakan salah satu tradisi dan budaya yang mengakar sejak zaman dahulu. Bagi saya Tumbilotohe bukan sekedar suatu tradisi atau kebiasaan semata, namun mengandung nilai ibadah kepada Allah SWT,” lanjut mantan dosen STAIN Gorontalo itu.

Malam nanti, ratusan ribu lampu tradisional akan menghiasi pinggiran jalan dari Desa Pontolo sampai Katialada Kecamatan Kwandang dan Kecamatan lainnya se Kabupaten Gorontalo Utara.

Laporan: Arlan

Editor: Ompi

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini