oleh

Seriusi Pengelolaan Pasar, Mucksin Brekat: PD Pasar Dapat Meningkatkan PAD Kota

LINTAS DEKOT (LIGO) – Badan Anggaran Dewan Kota Gorontalo beberapa waktu lalu lakukan kunjungan ke Manado, Sulawesi Utara dalam rangka Studi Komparasi Pengelolaan Pasar Daerah (PD).

Dalam kunjungannya, Badan Anggaran Mucksin Brekat menyampaikan ada banyak hal yang didapatkan yang dapat dijadikan referensi dalam pembuatan Peraturan Daerah yang saat ini sedang dibahas di Dewan Kota.

“ternyata Pendapatan Pasar di Kota Manado sebelum di kelola oleh PD Pasar, Pendapatan Retribusi Pasar berkisar 6 sampai 7 Milyar per tahun. Tapi setelah dikelola oleh PD pasar secara signifikan pendapatannya meningkat yang terkahir terakhir 2017 kemarin itu ada di angka 17 Milyar kemudian proyeksi 2018 ini berada 20 sampai 21 milyar,” ujar Mucksin. Selasa (20/11).

Mucksin Brekat juga akui untuk mengelola Pasar dengan pendapatan yang maksimal seperti yang ada di Manado tidaklah mudah. Sehingga dirinya menekankan perlu adanya pendekatan persuasif antara Pengelola Pasar yang nanti dibuat dengan masyarakat Pedagang.

Kota Gorontalo memiliki sekurang-kurangnya 9 Pasar Tradisional, yang merupakan Sektor Retribusi Pendapatan Asli Daerah, yang disana tumbuh perekonomian karena banyaknya geliat jual beli. Intensitas jual beli ini menurut Muksin Brekat dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kota Gorontalo, sebab kultur masyarakat Gorontalo lebih banyak lakukan interaksi di Pasar Tradisional dibanding Pasar Modern.

Dengan adanya PD Pasar juga dapat mencegah adanya aksi premanisme yang kerap terjadi di Pasar Tradisional.

“kalau ada terjadi tindakan bersifat kriminalitas, ini akan berurusan langsung dengan Perusahaan Pasar,” ujarnya lagi.

Dirinya juga menegaskan dengan adanya PD Pasar nantinya tidak serta-merta membuat pengelola PD Pasar membatasi segala bentuk usaha tempat masyarakat mendapatkan penghasilan seperti Pengelolaan Parkir.

“Kami berharap, PD Pasar yang akan dibentuk nanti dapat menata sedemikian rupa Pengelolaan Pasar di Kota Gorontalo yang nantinya dapat menambah PAD kita. Dan yang paling yang tidak bisa dilupakan juga PD Pasar tidak membatasi Pedagang di Pasar dalam upaya peningkatan ekonominya,” harapnya.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini