oleh

Sistem Billing Online, Solusi Dekot Tingkatkan PAD Kota Gorontalo

LINTAS KOTA (LIGO) – Pertumbuhan Usaha Warung Kopi, Rumah Makan dan Perhotelan di Kota Gorontalo merupakan potensi usaha yang bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Gorontalo untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pajak. Namun saying, Pertumbuhan Usaha tersebut diakui Ketua Dewan Kota Gorontalo Fedriyanto Koniyo, tidak sesuai ekspektasi yang dibayangkan.

Menurutnya hal itu bukan karena Pemerinrah Kota tidak bekerja secara maksimal, tetapi karena masih adanya Pengusaha yang membayarkan Pajak tidak sesuai dengan pendapatan usahanya.

“Pajak kita di Kota Gorontalo itu masih rendah, sebab masih ada Pengusaha yang membayarkan Pajak-nya tidak sesuai dengan penghasilannya. Misalkan jumlah pengunjung yang datang ke Restoran atau ke Rumah Makannya banyak, tapi yang dilaporkan Pengunjungnya hanya sedikit, sehingga Pajak yang dibayarkan juga sedikit. Padahal kalau kita lihat Rumah-Rumah Makan di Kota Gorontalo itu selalu ramai,” tutur Fedriyanto Koniyo.

Hal inilah yang mendorong Dewan Kota Gorontalo bersama Sekretariat Dewan, melakukan kunjungan ke Badan Keuangan Daerah Kota Manado, untuk mengetahui cara Pemerintah Kota Manado dalam memaksimalkan PAD melalui Pajak. Jum’at (30/11).

Dalam kunjungan itu, ungkap Fedriyanto Koniyo, Dirinya mendapatkan pengetahuan cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Manado dalam menambah Pendapatan Pajak yakni dengan menerapkan Sistem Billing Online.

“Sistem Billing Online yaitu sistem yang di pasang di setiap Rumah Makan, Hotel dan Restoran yang dihubungkan langsung dengan Badan Keuangan Daerah Manado. Dengan Sistem itu, mereka dapat memantau ramainya Pengunjung. Sehingga ketika mereka membayar Pajak, para Pengusahanya tidak dapat mengelak dan mengatakan Pengunjungnya sedikit, sebab dengan Sistem itu yang dipasang itu, Pemerintah memantau langsung aktivitas usahanya,” terang Fedriyanto Koniyo.

Cara inilah yang nantinya akan di dorong oleh Dewan Kota Gorontalo agar diterapkan di Kota Gorontalo. Dewan Kota sendiri nantinya akan menyiapkan Anggaran untuk Infrastruktur pemasangan Sistem Billing Online di Kota Gorontalo.

“Dengan Sistem Billing Online ini, tentunya Kami menginginkan Pengusaha dapat membayarakan Pajak sesuai Penghasilannya yang berguna untuk menambah PAD kita,” imbuhnya.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda