oleh

Sistem Satu Data Di Boalemo Dapat Apresiasi Dari Masyarakat

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Pembentukan Forum Statistik Boalemo Satu Data  mendapatkan apresiasi penuh dari kalangan masyarakat, salah satunya adalah Nanang Syawal.

Nanang mengatakan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Boalemo ini selaras dengan Nawacita Jilid II sebagai Visi Misi Pemerintah Republik Indonesia untuk menuju Indonesia Satu Data melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sebagaimana PerPres No 95/2018 dan PerPres No.39/2019.

“Kabupaten Boalemo adalah satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang pertama merespon kedua PerPres tersebut, hal ini tentu akan lebih menambah kepercayaan publik/ masyarakat daerah ini atas Pemerintahan yang dinakhodai oleh H. Darwis Moridu dan H. Anas Jusuf. Sebab Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik ini, adalah wujud Transparansi Pemerintah terhadap kebijakannya dalam mewujudkan 14 program kepada publik,” kata Nanang.

Tambahnya, upaya ini bisa jadi akan mengundang perhatian Pemerintah Pusat terhadap daerah dengan tidak segan-segan mengucurkan Anggaran untuk mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam mensejahterakan rakyatnya. Sebab dengan Sistem Satu Data dapat mengintegrasikan semua SOPD yang dengan sendirinya dapat mensinergikan Program Prioritas yang tepat sasaran untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah ini.

Masyarakat Boalemo ini juga mengungkapkan, kondisi PAD (Pendapatan Asli Daerah) saat ini masih didominasi oleh Pendapatan Jasa Perbankan atas Penyertaan Modal oleh Pemerintah Daerah kepada Bank Sulutgo.

“Seperti Pendapatan Deviden, Jasa Giro dan Bunga, yang diakumulasi sebesar 25 % dari PAD keseluruhan Daerah ini, sebesar 56 Milyar Rupiah, tentu kondisi ini menggambarkan bahwa belum terjadi Pertumbuhan Ekonomi yang signifikan dimasyarakat itu sendiri,” ungkap Nanang.

Menurutnya upaya Pemerintah Daerah yang mengintegrasikan semua SOPD se-Kabupaten Boalemo untuk mensinergikan semua Program yang dijalankan oleh masing-masing SOPD, adalah upaya yang sangat tepat untuk percepatan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di masyarakat yang tidak dapat dipungkiri lagi akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah yang signifikan sebagai daerah yang nantinya mempunyai suatu Kemampuan Fiskal sebagai daerah yang Otonom. (humasboalemo/C01)

Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini