oleh

Solusi Rachmad Gobel Atasi Krisis Air Bersih Di Wilayah Gorontalo

LINTAS JAKARTA (LIGO) – Temui Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Rachmad Gobel sampaikan aspirasi Masyarakat Gorontalo soal Kesulitan Air Bersih di beberapa Wilayah di Provinsi Gorontalo. Ahad (17/02).

Sejumlah alternatif solusi ditawarkan Rachmad Gobel kepada Menteri Djonan yang juga merupakan Sahabatnya itu,  akhirnya Djonan menyetujui usulan Pembuatan Sumur Bor untuk dilaksanakan di Gorontalo.

“Saya sudah telepon Dirjennya, untuk memastikan Gorontalo harus mendapatkan alokasi Pembuatan Sumur Bor itu”, kata RG (sapaan akrab Rachmad Gobel).

Rachmad Gobel yang saat ini menjabat Ketua Bidang Ekonomi DPP Partai Nasdem ini mengatakan, solusi air bersih di Gorontalo akan dilakukan Kementerian ESDM melalui Program Eksplorasi Pelayanan Air Bersih Menggunakan Sumur Suntik Air Tanah Dalam.

“Penyebaran program tersebut ada di Kabupaten Gorontalo, Boalemo, Bone Boalngo, Pohuwato dan Gorontalo Utara,” kata Rachmad Gobel.

Rachmad merasa terpanggil untuk membantu Pemerintah dalam mengatasi Pemenuhan Kebutuhan Air yang begitu penting dalam kehidupan Masyarakat.

“Saya tak bisa hanya diam saja melihat Permasalahan ini, sebab masalah ini sudah lama dan berulang-ulang menimpa Masyarakat Kita, dan Kita membutuhkan Solusi yang Permanen agar masalah ini benar-benar tuntas hingga akar permasalahannya, biar Pemerintahan di Daerah tidak terganggu lagi dengan Persoalan ini,” ungkap Rachmad Gobel.

Rachmad Gobel Dalam beberapa kunjungannya ke Gorontalo telah banyak menerima keluhan warga, utamanya soal kesulitan mendapatkan Air Bersih. RG yang kini dipercayakan Presiden Jokowi sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk Kekaisaran Jepang itu, pernah mencarikan solusi penyelesaian masalah itu dengan Pemerintah Jepang.

“Salah satu alternatif Solusi yang akan diberikan Pemerintah Jepang adalah menerapkan Teknologi Pengolahan Air Laut menjadi Air Bersih siap Konsumsi, di beberapa wilayah pesisir pantai Gorontalo. Teknologi itu pernah disumbangkan Pemerintah untuk mengatasi kesulitan air bersih Pasca Tsunami Aceh beberapa tahun lalu,” terang Racmad Gobel, yang tak ingin menunda-nunda kebutuhan air Rakyat Gorontalo.

Pemilihan alternatif Sumur Suntik Air Tanah Dalam itu, dijelaskan Rachmad sudah sesuai dengan kondisi Gorontalo yang banyak memiliki daerah dengan Perbukitan Tinggi, dan terpenting telah sukses saat diuji coba.

Saat membuat Demplot untuk beberapa Komoditi Pertanian yang memiliki potensi Pasar Ekspor, seperti Kacang Edamame, Jagung, Padi, Ketimun, dan Cabe, di Kecamatan Tibawa, cara tersebut berhasil dilakukan Pemenuhan Suplai Air untuk Kawasan Demplot itu diambil dari Sumur Suntik Air Dalam yang dibuat di Kawasan Demplot tersebut.

“Kenapa sumur suntik, karena Daerah Kita berbukit. Dan itu sudah Kita praktekkan di Demplot Tibawa, dan berhasil baik,” pungkas Rachmad Gobel.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini