oleh

Strategi DLH Kabgor Maksimalkan Pengolahan Sampah Plastik

LINTAS KABGOR (LIGO) – Pada tahun ini, untuk mengurangi Dampak Sampah pada lingkungan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Lingkungan Hidup akan lebih memaksimalkan Pengolahan Sampah Plastik.

Melalui Peraturan Bupati Nomor 53 Tahun 2018 Tentang Kebijakan Dan Strategi Pengolahan Sampah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syaiful Kiraman mengatakan bahwa melalui Perbup tersebut, Dirinya yakin penyelesaian Masalah Sampah di Kabupaten Gorontalo pada Tahun ini lebih maksimal.

“Dalam Peraturan tersebut tertuang 3 Hal, yakni Reduce, Reuse dan Recycle,” kata Kadis DLH Kabgor, Kamis (03/01).

Lebih lanjut Dirinya menjelaskan, Reduce adalah salah satu cara Pengolahan Sampah dengan cara mengurangi pemakaian barang-barang kebutuhan sehari-hari yang menghasilkan sampah.

“Kemarin sudah dicontohkan oleh Bupati  misalnya pada setiap Kegiatan tidak menggunakan Air Kemasan,” kata Syaiful.

Sementara Reuse adalah salah satu cara Pengolahan Sampah dengan cara memakai kembali barang-barang yang bisa digunakan.Misalnya menggunakan plastik bekas.

“Kedepan Kita juga sudah mempersiapkan Peraturan Bupati untuk pembatasan Tas Plastik bekas,” kata Syaiful.

Tong Sampah, Fasilitas Daerah Kabgor maksimalkan Pengolahan Sampah

Selain pembatasan penggunakan tas plastik, Syaiful menyampaikan akan lebih memaksimalkan Bank-Bank Sampah yang ada, agar Daur Ulang (Recycle) sampah di Kabupaten Gorontalo bisa lebih maksimal.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo ke depan juga akan kembali menyerahkan bantuan Motor Pengangkut Sampah, dengan Fasilitas ini diharapkan Masyarakat bisa peduli terhadap penyebaran sampah yang merusak Lingkungan.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini