oleh

Sukirman Tilahunga Presentasi Riset Hiu Paus Bone Bolango Di Ajang Internasional

LINTAS INTERNASIONAL (LIGO) – Dedikasi Sukirman Tilahunga dalam merawat Hiu Paus yang ada di Perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango ini patut menjadi contoh bagi masyarakat Gorontalo yang bangga dengan keberadaan Hiu Paus.

Tercatat sebagai ASN di Dinas Pariwisata Bone Bolango, Sukirman mengajarkan bahwa Hiu Paus memiliki alasannya sendiri memilih Perairan Botubarani. Karena itu eksistensi Hiu Paus perlu dijaga, disamping Hiu Paus juga merupakan salah satu Investasi Pariwisata yang banyak menarik Wisatawan berkunjung.

Atas Dedikasinya merawat Hiu Paus sejak tahun 2016, Sukirman yang juga Alumni Ilmu Kelautan Unsart Manado itu berhasil berlayar ke Australia mengikuti Internasional Whale Sharke Confrence 28-30 Mei di Ninggalo Coast World Heritage Area Exmouth Asutralia. Disana Sukirman mampu memukau para Peneliti Kelautan Dunia.

“Presentasi soal Riset Hiu Paus, sejak tahun 2016 sampai saat ini, Alhamdulilah dapat aplouse dari audiens,”Kata Iman atas presentasi Hiu Paus Bone Bolango.

Dengan sangat mudah, pria bertubuh kecil ini dengan lugas menjelaskan Hiu Paus Bone Bolango dihadapan para Peneliti. Bagi Dia menjelaskan soal Hiu Paus adalah perkara mudah, sebab Dirinya sangat konsen mempelajari dan mengamati Hiu Paus di Botubarani itu.

Lebih membanggakan lagi sebelum ke Australia, Dia jadi salah satu Pemateri dalam FGD (Focus Group Discussion) Konsultasi Publik Penyusunan Panduan Wisata Hiu Paus, sehingga dengan informasi itu, Kabupaten  Bone Bolango dilirik Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadi salah satu lokus untuk Konservasi dan Pengelolaan Hiu Paus.

Dedikasi Sukirman ini seharusnya   menjadi motivasi bagi masyarakat Gorontalo untuk turut serta menjaga kelangsungan Hiu Paus. Disamping itu, Pemerintah juga harus terus mendukung dan memberikan Reward kepada Sukirman yang telah membawa Nama Harum Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo di Kanca Dunia. Sukirman menyadarkan bahwa Keberadaan Hiu Paus bukan hanya untuk di nikmati sebagai Objek Wisata, melainkan keberadaannya yang langka menjadi dorongan bagi masyarakat dan Pemerintah untuk memikirkan keberlangsungan Hiu Paus di Perairan Botubarani.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini