oleh

Targetkan Sertifikasi Pekerja Jasa Konstruksi, Plt Kadis PU Laksanakan Sosialisasi

LINTAS KOTA (LIGO ) – Dinas PU Kota Gorontalo laksanakan Sosialisasi Ketenagakerjaan Jasa Konstruksi yang diikuti oleh pengguna jasa konstruksi yaitu kontraktor yang ada di Kota Gorontalo. Sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Gorontalo, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo dan dibuka langsung oleh Walikota Gorontalo Marten Taha, Selasa (18/09) di Hotel Maqna Kota Gorontalo.

Sosialisasi yang juga dihadiri oleh aparat kecamatan dan kelurahan ini untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang betapa pentingnya sertifikasi jasa konstruksi di Kota Gorontalo, baik dari segi ketenagakerjaannya maupun dari segi sertifikasinya dengan tujuan melahirkan pengguna jasa konstruksi yang mempunyai keterampilan.

“Untuk mendapatkan sertifikat harus diberi pelatihan, pelatihan itu ditujukan pada pengguna jasa konstruksi.” terang Plt. Kadis PU.

Plt. Kadis PU Kota Gorontalo Ha. Meydi Novie Silangen mengungkapkan sertifikasi Jasa konstruksi ini bukan merupakan hal yang baru, di Kota Gorontalo sendiri telah melakukan beberapa kali pelatihan sertifikasi jasa konstruksi. Salah satunya adalah pelatihan bagi pekerja Program KOTAKU oleh Dinas PU Kota Gorontalo.

“Untuk pelatihannya sendiri, sudah beberapa kali dilakukan di Kota Gorontalo. Sebelumnya juga kami sudah melakukan pelatihan sertifikasi kepada tenaga kerja yang ada di 12 Kelurahan, yaitu mereka yang menjadi pekerja pada Program Kota Tanpa Kumuh.” ungkap Novie Silangen.

Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas PU telah membuat target-target yang harus dilakukan untuk pemenuhan sertifikasi bagi tenaga jasa kontruksi. Dalam Sosialisasi kali ini Dinas PU menargetkan peserta yang ikut adalah perangkat kecamatan, kelurahan bahkan sampai tingkat RW dan RT. Bahkan peserta yang sebelunya banyak diikuti oleh kaum pria, kini dalam pelatihan sertifikasi jasa konstruksi yang pernah dilakukan sebelumnya juga diikuti oleh kaum wanita.

“Menariknya, Kegiatan pelatihan jasa konstruksi yang sebelumnya dilakukan, tidak hanya diikuti oleh pekerja jasa pria, tetapi juga ada pekerja jasa kontruksi dari kaum wanita yang juga ikut pelatihan itu,” terang Plt Kadis PU yang akrab dipanggil Novie Silangen.

Plt Kadis PU Kota Gorontalo Novie Silangen saat Diwawancarai awak media

Melalui Sosialisasi ini pun dirinya berharap agar pengguna jasa konstruksi khususnya pekerja atau tukang di Kota Gorontalo dapat tersertifikasi sehingga terwujudnya pekerja konstruksi bangunan yang profesional di bidangnya, dengan target sampai di tingkat kecamatan.

“target tahun depan kita akan melakukan sertifikasi  ke semua pekerja di tingkat kecamatan khususnya tenaga-tenaga kerja yang dibawah, tukang yang bekerja pada kontraktor” tukas Novie.

Laporan: Agung

Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini