oleh

Tekan Angka Kemiskinan, Kabgor Dorong Sektor UMKM dan Koperasi

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Guna menekan Angka Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo, Pemerintah terus meningkatkan semua sektor unggulan, termasuk mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi.

“Salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gorontalo adalah dengan mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi,” ungkap Bupati Nelson Pomalingo saat membuka Sosialisasi Perpajakan, Permodalan dan Pengawasan Bagi Koperasi dan UMKM di Kabupaten Gorontalo tahun 2019, di Aula Kantor Desa Tenggela, Kecamatan Tilango. Sabtu (09/03)

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan, penurunan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo dalam tiga tahun ini mengalami penurunan secara bertahap. Dari tahun 2016 sekitar 21,08 persen turun menjadi 19,48 persen sampai saat sekarang.

“Selama tiga tahun terkahir hampir rata-rata satu persen pertahun penurunannya,” ungkap Nelson.

“Selanjutnya kami Pemerintah Daerah sambil memberikan ruang permodalan tapi juga mengakseskan ataupun menghubungkan antara UMKM Koperasi dengan Lembaga Permodalan yang ada seperti Perbankan, Pegadaian dan Lembaga Permodalan Nasional Madani (PNM),” sambung Nelson.

Kabupaten Gorontalo disampaikan  Bupati Nelson memiliki banyak Koperasi yang sehat dan baik dalam hal pengelolaannya. Bahkan Koperasi tersebut telah merambah keseluruh Indonesia. Dengan ini, Kabupaten Gorontalo bisa menjadi kiblatnya dari Koperasi.

“Ada Koperasi Mekar Jaya justru berkembang tidak hanya di Kabupaten Gorontalo dan Provinsi, tapi juga berkembang dengan membuat cabang -cabang di Daerah lain yang ada  di Indonesia ini,” tutur Nelson.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo sejak tahun kemarin, tahun ini dan akan berlanjut pada tahun depan akan terus mengembangkan UMKM dan Koperasi.

“Pemerintah akan terus memberikan perhatian kepada  UMKM dan Koperasi. memperhatikan melalui Dana APBD dan dari Pusat serta Mitra Perbankan sebagai sumber Keuangan dan Modal. Dan ini ada dimereka dengan cara memenuhi persyaratan,” tukas Nelson.

Laporan : Yayasirab/HMS
Editor : Bayu Supratna

 

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini