oleh

Terkait Proses Penanganan Perkara Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen, Warga Molantadu Mengadu Ke Ombudsman

LINTAS PERISTIWA (LIGO) – Meskipun telah dilantik oleh Pemerintah Daerah Gorontalo Utara Rabu (06/02) kemarin, Dugaan Perbuatan Pidana Pemalsuan Dokumen yang di duga dilakukan oleh Oknum Calon Kepala Desa Molantadu, Kecamatan Tomilitio masih akan terus berlanjut.

Setelah beberapa waktu lalu melayangkan Surat ke Direskrim Umum Polda Gorontalo mempertanyakan Perkembangan Penyelidikan yang dilakukan Polda Gorontalo, hari Kamis (07/02), Warga Molantadu datangi Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo guna menanyakan proses tindak lanjut yang dilakukan Ombudsman soal Dugaan Maladministrasi pada proses Penyelidikan Dugaan Perkara Pidana Pemalsuan Dokumen di Polda Gorontalo.

Perwakilan Ombudsman Gorontalo, Luki Rantung, SH., mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan Tahap Pemeriksaan, Formil dan Materil terhadap Dokumen yang disampaikan.

“Apabila sudah lengkap, sesuai SOP yang Kami miliki dalam jangka waktu 14 hari Kami harus memberikan Tanggapan atas Aduan Pelaporan tersebut,” ujar Luki Rantung.

Lanjut dirinya menyampaikan, apabila Dokumen Pelaporan Dinyatakan Lengkap oleh Ombudsman maka pihaknya akan melakukan Klarifikasi terhadap Pihak yang Dilaporkan dan juga melakukan Investigasi secara Terbuka atau Tertutup, tergantung kondisi yang dihadapi oleh Ombudsman.

Kewenangan Ombudsman ada dua, Permintaan Klarifikasi secara Tertulis atau Lisan. Jika Lisan, bisa jadi Pihak Terlapor kami undang ke Ombudsman atau pihak Ombudsman mendatangi Pihak Terlapor. Tergantung apakah ada Dokumen-Dokumen yang Kami butuhkan terhadap Pihak Terlapor,” terang Luki Rantung.

Namun Luki menegaskan, apabila dalam Proses tersebut Ombudsman menemukan Maladministrasi, Ombudsman akan melakukan Saran Perbaikan dan apabila hal itu tidak dilakukan, Ombudsman akan melahirkan Rekomendasi.

“Namun untuk Rekomendasinya yang mengeluarkan adalah Ombudsman RI di Pusat. Kita lihat kedepan apakah Rekomendasi itu ke Polri atau ke Polda,” jelas Luki Rantung

Yamin Rajawali di dampingi oleh Tomi Tintia warga Desa Molantadu Gorontalo Utara saat melaporkan Dugaan Maladministrasi di Desa Molantadu

Sementara itu, Yamin Rajawali, salah seorang pegiat Desa, yang juga warga Molantadu kepada awak media ini mengatakan bahwa kedatangan Mereka ke Ombudsman RI Perwakilan Gorontalo adalah sekedar mengecek Progres Aduan mereka beberapa hari yang lalu.

“Insya Allah, Ombudsman bisa membuka Tabir yang sebenarnya, di balik Pelantikan Kepala Desa Molantadu yang masih Berproses Hukum tersebut. Kami datang demi untuk memperoleh Keadilan sebagai warga Masyarakat,”  harap Yamin Rajawali di dampingi oleh Tomi Tintia.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini