oleh

Totok Bachtiar Ajukan Permohonan Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019 Ke Panwas, Ada Apa..?

LINTAS PEMILU (LIGO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menyatakan Totok Bachtiar tidak memenuhi syarat (TMS) untuk mengikuti pemilihan legislaitif (DPRD) Kota Gorontalo tahun 2019. Hal itu dikarenakan Totok Bachtiar berstatus mantan terpidana kasus korupsi.

Karena merasa dibatasi hak politiknya, Totok Bachtiar melalui kuasa hukumnya Ronal Taliki, Kamis (09/08/2018) mengajukan permohonan penyelesaian sengketa pemilu 2019. Ronal Taliki menilai, tindakan yang dilakukan oleh KPU bertentangan dengan undang-undang dan membatasi hak politik kliennya.

“Tindakan tersebut dirasakan oleh klien kami adalah pembatasan terhadap hak politik sesorang yang dijamin oleh Undang Undang,” ujar Ronal Taliki

Lanjut Ronal menerangkan, tindakan KPU Kota Gorontalo yang telah menggugurkan kliennya adalah tindakan yang bertentangan dengan Undang Undang Dasar 1945, dan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, Undang – Undang nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang Undangan, serta bertentangan dengan Undang Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi manusia.

“Kebebasan seseorang tidak dapat dibatasi apalagi dengan sebagaimana dinyatakan dalam Putusan MK Nomor 011-017/PUU-I/2003 yang menyebutkan, “Menimbang, bahwa hak konstitusional warga negara untuk memilih dan dipilih (Right To Vote And Right To Be Candidate) adalah hak yang dijamin oleh konstitusi, undang-undang, maupun konvensi internasional, maka pembatasan, penyimpangan, peniadaan dan penghapusan akan hak dimaksud merupakan pelanggaran terhadap hak asasi warga negara.”  terang Ronal

Ronal juga mengungkapkan tindakan KPU Kota Gorontalo bertentangan dengan kewenangannya.

“KPU Kota Gorontalo telah melampaui kewenangannya. Karena pencabutan hak politik seseorang hanya bisa dilakukan oleh Putusan Pengadilan Tipikor yang mencabut hak politik dimana seseorang mendapat pidana tambahan untuk tidak memilih dan dipilih,” jelas Ronal.

Laporan : Najid Lasale/Rilis
Editor : Nasrun A.H

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini