oleh

TPA Talumelito Jadi Lokasi Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019

LINTAS KABGOR (LIGO) – Sampah memang masih menjadi persoalan yang sering ditemui di setiap daerah, termasuk di Kabupaten Gorontalo. Sampah juga merupakan sumber penyakit, apabila keberadaannya hanya dibiarkan begitu saja.

Memang kesadaran manusia untuk peduli kebersihanlah yang perlu dipupuk. Sebab rusaknya lingkungan akibat Sampah yang berserakan adalah ulah dari tangan manusia itu sendiri. Sehingganya dalam Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama TNI dan Polri menggelar Apel di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Talumelito Kecamatan Telaga Biru.

Pada Apel tersebut, Bupati Nelson yang bertugas sebagai Inspektur Upacara ingatkan Peserta Upacara yang merupakan ASN di lingkup Pemda Kabupaten Gorontalo, untuk menjaga kebersihan lingkungan demi terwujudnya hidup yang sehat.

“Lalu bagaimana cara untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, salah satunya dengan cara Jangan Membuang Sampah Sembarangan,” kata Nelson.

Lanjut Nelson menyampaikan, Sampah tidak selamanya dikonotasikan sebagai sesuatu yang kotor. Bahkan Sampah bila diolah dengan baik justru akan mendatangkan keuntungan ekonomi. Melalui TPA Nelson ajak masyarakat mengolah Sampah.

“Beberapa cara untuk menghindari Penumpukan Sampah diantaranya, dengan melakukan pengurangan Barang Plastik, mengurangi pembuangan Sampah Plastik dengan metode Daur Ulang, metode Pengolahan Biologis, Pemilahan Sampah serta metode Tempat Pembuangan Akhir,” terang Nelson.

Pemda Kabupaten Gorontalo, Polri dan TNI peringati HPSN. (Foto : Humas Irfan)

Dalam Apel yang digelar Jum’at pagi (22/02) itu, turut dihadiri Waka Polres Gorontalo, Pimpinan OPD, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Musyawarah Pimpinan Kecamatan serta Masyarakat.

Usai Apel, Pemda Kabupaten Gorontalo bersama TNI dan Polri laksanakan Kerja Bakti di  sekitar Shopping Center. Tak ingin Peringatan HPSN ini seremoni, hingga satu minggu kedepan Nelson perintahkan seluruh Camat, Kepala Desa, Lurah dan OPD untuk membersihkan lingkungan sekitarnya.

“Selama seminggu ke depan harus lakukan Pembersihan dan ini terus Kita kawal serta evaluasi,” tutup Nelson.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Alan Pakaya

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini