oleh

Tradisi “Tumbilotohe” Pemda Boalemo Siapkan 1 Juta Lampu Di Pantai Bolihutuo

LINTAS BOALEMO (LIGO) Tradisi “Tumbilotohe” yang di peringati saat malam 27 Ramadhan, di Kabupaten Boalemo dipastikan bakal lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya Pemerintah Boalemo sendiri saat ini sudah mulai merencanakan dengan matang agar Tradisi Tahunan itu di Kabupaten Boalemo dapat dikunjungi banyak Wisatawan.

Tak tanggung-tanggung, Pemda Boalemo pastikan 1 Juta Lampu akan hiasi Pantai Bolihutuo, dan itu bukanlah satu-satunya tempat yang menjadi Pusat Tradisi Timbilotohe di Boalemo.

Setiap tahun Tradisi ini memang selalu di lombakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, dan untuk tahun ini Pemerintah Boalemo kembali menargetkan sebagai Juara Festival Tumbilotohe.

“Dalam rangka gelaran Festival Tombilotohe (Pasang Lampu) kali ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo tetap akan melaksanakan kegiatan yang telah menjadi Tradisi Rakyat Gorontalo itu,”tegas Darwis Moridu yang juga menyentil soal Festival Tolumbilotohe akan di undur.

Hal itu diungkapkan Bupati Boalemo H. Darwis Moridu, saat melihat lokasi Wisata Pantai Bolihutuo, yang direncanakan sebagai Pusat Pelaksanaan Festival Tombilotohe itu.

Melalui Jubir Jefry Rumampuk Bupati Darwis menjelaskan bahwa Festival Tombilotohe di Kabupaten Boalemo tetap akan dilaksanakan sebagaimana Tradisi yang dilaksanakan sebelumnya.

Menurut Darwis Dirinya tidak terpengaruh dengan kabar yang telah beredar bahkan Dirinya menseriusi kegiatan tersebut demi mendapatkan Predikat Juara 1 untuk ketiga kalinya.

“Kami dari Pemerintah Boalemo tetap akan melaksanakan Festival Tombilotohe sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, bahkan untuk tahun ini tetap kami akan seriusi dan kami yakin akan mendapatkan Juara 1 untuk ketiga kalinya.”terang Darwis

Darwis menambahkan Dirinya ditemani oleh beberapa Kepala SKPD Boalemo telah meninjau lokasi pelaksanaan Festival Tombilotohe yang telah diputuskan dilaksanakan di lokasi Wisata Pantai Bolihutuo Kecamatan Botumoito. Darwis meminta kepada seluruh SKPD agar dapat menseriusi  terkait gelaran Tradisi Gorontalo itu.

“Jadi kami tadi, Ahad (12/05) telah meninjau lokasi yang rencana tempat pelaksanaan Festival Tombilotohe kali ini. Bahkan Saya sudah meminta seluruh SKPD untuk menseriusi kegiatan ini dengan menghiasi Lampu Tradisonal sebanyak 1 Juta Lampu di beberapa titik yang ada dilokasi Pantai, disamping itu nanti dilaut juga kami akan menghiasi Kapal-Kapal yang akan melaksanakan Parade di Pantai Bolihutuo yang sebelumnya telah kami ikutkan dalam Festival,”tutup Bupati Darwis.

Laporan : Mukrin Laete
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini