oleh

“Tumbilotohe” Di Boalemo Bukan Sekedar Tradisi, Tapi Juga Menarik Kunjungan Wisatawan

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Salah satu Tradisi Masyarakat Gorontalo, yakni “Tumbilotohe” atau menyalakan Lampu Tradisional untuk menyambut Malam Lailatur Qadar yang kini menjadi salah satu Event Tahunan di Kabupaten Boalemo, oleh Pemerintah terus dimaksimalkan.

Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf mengatakan “Tumbilotohe” pada tahun ini akan di pusatkan di Obyek Wisata Pantai Bolihutuo Kecamatan Botumoto.

“Di samping itu juga, Tumbilotohe yang di pusatkan di Obyek Wisata ini akan mewakili Kabupaten Boalemo pada Festival Tumbilotohe tingkat Provinsi Gorontalo, dan kita akan berusaha agar Boalemo kembali menjadi pemenang Event ini,”Ungkap Anas Jusuf saat memimpin Rapat Pemantapan Persiapan Menghadapi Tumbilotohe bersama Pimpinan SOPD. Jum’at (24/05) di Aula Wisata Pantai Bolihutuo Kecamatan Botumoito.

Namun Kata Anas, untuk memenangkan Event ini tidaklah mudah, karena tentu Wilayah Kabupaten lainnya juga memiliki keinginan yang sama. Karena itu, hal ini membutuhkan peran dari masing-masing SOPD dalam penataan lokasi, sehingga itu penataannya akan tampil beda dengan penataan Tumbilotohe tahun sebelumnya.

“Karena Bapak Bupati Darwis Moridu akan berupaya untuk meraih juara yang ketiga kalinya pada Lomba Festival Tumbilotohe tingkat Provinsi Gorontalo nanti,”Terangnya.

Demi mewujudkan keinginan tersebut, Dirinya berharap kepada seluruh SOPD agar membenahi lokasi ini dengan baik. Sehingga Event tahunan ini akan menjadi satu daya tarik bagi Wisatawan untuk datang berwisata ke Boalemo.

Usai Rapat Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf menyempatkan diri  meninjau lokasi pelaksanaan Tumbilotohe di Obyek Wisata Pantai Bolihutuo.

Laporan : Mukrin Laete
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini