oleh

Wabub Boalemo : SIMREN Melalui ASB Harus Efektif

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Analasis Standar Belanja (ASB) merupakan salah satu Instrumen Anggaran Berbasis Kinerja sebagaimana telah di amanatkan dalam Peraturan Nomor 105 Tahun 2000 Tentang Pengelolaan dan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah.

Di Kabupaten Boalemo, Wabub Anas Jusuf menekankan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) agar penggunaan ASB berbasis aplikator untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan di capai, dapat di nilai kewajarannya secara ekonomi, efisien dan efektif.

“Karena pengimputan ASB  menjadi salah satu tahapan dalam penyusunan RKA pada APBD,”kata Wabub Anas saat membuka kegiatan Implementasi sistem Informasi Perencanaan.

(SIMREN) Tahunan melalui Pengimputan Analisis Standar Belanja (ABS) kegiatan Fisik Tahun Anggaran 2020 pada Simda Perencanaan Kabupaten Boalemo.(Kamis 11/04/2019), yang turut di hadiri Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo Supriyadi dan perwakilan SOPD.

Pada kesempatan itu Kepala BPKP perwakilan Provinsi Gorontalo Supriyadi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo yang telah menyelenggarakan Implementasi  Sistem Informasi Perencanaan (SIMREN) melalui pengimputan ASB yang bersifat Fisik.

“Tentunya dengan aplikasi ini proses  perencanaan Anggaran Daerah akan lebih Transparan, adil dan dapat di pertanggung jawabkan,”ucap Supriyadi.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo Rusdin Aminu, berharap dengan ASB ini perencanaan masing-masing SOPD dengan tujuan untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan di capai, dapat di nilai kewajarannya secara ekonomis, efisien dan efektif.

Laporan : Mukrin Laete
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini