oleh

Wagub: Evaluasi dan Finalisasi STRADA KPA-P Adalah Keniscayaan

PROVINSI GORONTALO (LIGO) – Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM. secara resmi membuka Rapat Evaluasi dan Finalisasi Penyusunan Strategi Rencana Aksi Daerah (STRADA) Penanggulangan HIV-AIDS 2018-2022  Tingkat Provinsi Gorontalo di Grend-Q Hotel Kota Gorontalo Kamis (28/12/2017).

Dalam kesempatan itu Wagub DR. Drs. H. Idris Rahim, MM. mengatakan, evaluasi dan finalisasi adalah satu kebutuhan, satu keharusan bagi setiap organisasi.

“Lembaga Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Gorontalo adalah lembaga non struktural yang memiliki tugas dan fungsi sebagai wadah koordinasi, fasilitasi, dan advokasi serta merumuskan kebijakan, strategi juga langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan AIDS di Provinsi Gorontalo sesuai perundang-undangan.” ungkap Wagub DR. Drs. H. Idris Rahim, MM.

Dikatakan Wakil Gubernur dua periode ini, HIV-AIDS sudah menjadi ancaman yang sangat membahayakan bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

“kalau melihat kasus tahun 2001 baru satu orang, sekarang 2017 sudah mencapai 363, berarti dalam waktu 16 tahun kita bertambah 362 orang. Yaitu 161 HIV dan 262 yang terjangkit AIDS.” lanjut DR. Drs. H. Idris Rahim, MM.

Dengan rapat evaluasi dan finalisasi strategi rencana aksi daerah sekiranya dapat menjadi landasan pedoman dalam penyusunan rencana kerja program penanggulangan HIV-AIDS di Provinsi Gorontalo 2018-2022.

“tentunya masing-masing Kabupaten/Kota maupun Provinsi Gorontalo ada masalah dan upaya. Masalah dan upaya ini merupakan evaluasi kita untuk nantinya kita menyusun STRADA kedepan, agar supaya tidak terjadi “Lost Generation” atau hilangnya generasi.” tukasnya

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu menghadirkan Tim Asistensi KPA Provinsi Gorontalo sejumlah 8 orang, Kepala Bapelitbangda Provinsi Gorontalo dan Bapak Halik Sidiq unsur KPA Nasional sebagai Panelis.

Adapun peserta yang ikut dalam rapat tersebut yakni Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten-Kota, Kepala Bidang P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten-Kota se-Provinsi Gorontalo.

Laporan : Ang

Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini