oleh

Warga Bone Pesisir Nikmati Layanan Internet Gratis

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Komitmen Pemerintah Kabupaten Bone Bolango di bawah kemimpinan Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone untuk memberikan kemudahan layanan akses internet kepada warga di seluruh wilayah kecamatan, salah satunya di wilayah Bone Pesisir (Bonpes) akhirnya terwujud.

Bupati Bonebol Hamim Pou mengatakan, layanan internet gratis di wilayah Bone Pesisir itu merupakan bagian dari puluhan titik-titik fasilitas internet publik yang telah diprogramkan Pemkab Bonebolango lewat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan dapat diakses secara gratis oleh masyarakat.

“Tahun ini Pemkab Bonebolango telah memprogramkan sebanyak 42 titik internet publik di wilayah Kabupaten Bonebolango, termasuk empat titik di wilayah Bone Pesisir, yakni di Kecamatan Bone Pantai, Bulawa, Bone Raya, dan Bone yang sudah dinikmati oleh masyarakat sejak beberapa terakhir ini,” kata Hamim Pou dan menambahkan kedepan fasilitas internet publik ini akan ditingkatkan kapasitasnya dan kualitasnya.

Bupati pun berharap kehadiran fasilitas internet gratis di wilayah Bone Pesisir itu, bisa membantu warga yang ingin berselancar di dunia maya. Meskipun belum maksimal kehadiran fasilitas internet ini diharapkan bisa mengurangi mobilisasi masyarakat di Bone Pesisir harus ke kota atau keperbatasan untuk berinternet.

“Jadi mereka cukup berkumpul disekitar Kantor Camat, mereka bisa berselancar, berinternetan maupun bersosial media,” ungkap Hamim Pou.

Camat Bone Pantai Ibrahim Junus mengatakan, pemerintah dan masyarakat mengaku gembira karena pemerintah daerah telah memberikan layanan internet secara gratis.

“Alhamdulillah dengan terpasangnya fasilitas internet di kawasan Kantor Camat Bone Pantai, akhirnya warga bisa menikmati layanan internet secara gratis. Bahkan setiap saat, baik pagi, siang dan malam hari kawasan Kantor Camat Bone Pantai selalu ramai,” ujar Ibrahim Junus.

Dia menambahkan, pemasangan fasilitas juga telah membantu para aparat desa yang menginput data yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa, baik dana desa maupun alokasi dana desa.

“Jadi para aparat desa tinggal datang ke Kantor Camat Bone Pantai untuk menginput data-data yang membutuhkan jaringan internet,” papar Ibrahim Junus.

Sama dengan Camat Bone Pantai, Camat Bulawa Lili Pratiwi Abas mengatakan, pemasangan internet di wilayahnya sangat berdampak positif bagi masyarakat karena mudah mengakses berbagai informasi.

“Alhamdulillah fasilitas internetnya sudah bisa dinikmati oleh lapisan masyarakat. Paling penting juga oleh pemerintah desa yang setiap saat mengakses internet untuk kepentingan pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa,” ucap Lili.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hamim Pou dan Wabup Mohamad Kilat Wartabone dan jajaran Pemkab Bonebolango yang telah memfasilitasi internet gratis di Kecamatan Bulawa.

“Insya Allah fasilitas ini kami akan jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya,” tutur Lili Abas dan berharap kedepan, agar jangkauan dan kapasitas internetnya lebih besar lagi.

Laporan : Iyas/Hms Kadir
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini