oleh

Warga Leato Selatan Manfaatkan Air Bersih Pegunungan Menggunakan Bambu

LINTAS KOTA (LIGO) – Jauh dari pemukiman warga, air bersih dari kaki gunung Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo oleh masyarakat setempat dimanfaatkan dengan cara dialirkan menggunakan bambu sampai kerumah-rumah warga.

Sepanjang 800 meter warga Keluarahan Leato Selatan memasang bambu langsung dari mata air bersih, agar air tersebut mengalir sampai kepemukiman warga.

Manan Huntoyungo masyarakat setempat menyampaiakan, air bersih tersebut sudah lama diketahui kebereadaanya hanya saja karena lokasi yang cukup jauh, air bersih tersebut dibiarkan dan tidak dimanfaatkan semaksimalnya.

“Mata air ini sudah lama dan tidak pernah kering. Baru 3 bulan ini kami masyarakat disekitar sini bersama-sama Pemerintah Kelurahan Leato Selatan membuat aliran air dengan menggunakan bambu,” terang Manan warga Leato Selatan.

Lurah Leato Selatan Aminudin Laya kepada lintasgorontalo.com mengatakan, setelah menggunakan bambu untuk mengaliri air kerumah warga, sebagian warga Kelurahan Leato Selatan sudah dapat memanfaatkan air tersebut.

“Airnya bersih, bahkan masyarakat Leato Selatan dapat meminumnya langsung tanpa dipanaskan terlebih dahulu,” terang Aminudin Laya.

Lurah Leato Selatan bersama warga meinjau air bersih yang bisa langsung diminum

Dengan potensi yang ada, masyarakat setempat berharap ada solusi dari Pemerintah agar air bersih dari sumber mata air tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Laporan : Najid Lasale

Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini