oleh

Warga Tuna Karya Ikut Pelatihan Keterampilan Desain Grafik

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Sedikitnya 10 warga pengangguran di Kabupaten Bone Bolango mendapatkan pelatihan keterampilan kerja, berupa pelatihan desain grafik dari Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK) setempat.

Pelatihan desain grafik itu akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan, mulai tanggal 30 Juli sampai dengan 10 Agustus 2018, di ruang pelatihan Kantor Bupati Bonebolango.

Bupati Bone Bolango yang diwakili Tim Kerja Bupati Ayub Abdul Rahman mengatakan, sebagaimana harapan Bupati bahwa momentum pelatihan ini betul-betul dimanfaatkan secara serius oleh para peserta. Selain berhubungan dengan ketersediaan anggaran, tetapi yang mengikuti pelatihan tahun ini sangat beruntung, karena banyak sekali yang ingin pelatihan seperti ini hanya 10 orang yang diundang untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Sehingganya dia mengharapkan agar pelatihan desain grafik ini diikuti secara serius, karena tidak menutup kemungkinan ditahun-tahun mendatang baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten itu akan ada job spesialis yang membutuhkan tenaga terampil yang memiliki skill tertentu untuk menempati posisi-posisi tersebut.

“Makanya, pak Bupati mengharapkan setidaknya Bonebol sudah menyiapkan tenaga-tenaga handal. Ketika ada program-program pemerintah pusat yang butuh tenaga-tenaga spesial seperti itu, maka kita diharapkan siap untuk itu,” kata Ayub Abdul Rahman.

Oleh karena itu, kesempatan ini adalah salah satu keberuntungan bagi teman-teman, sehingganya diharapkan para peserta pelatihan ini untuk mempersiapkan diri, bahwa mereka adalah calon-calon masyarakat yang memiliki skill.

“Selama 10 hari kedepan, kiranya bisa mengikuti pelatihan ini dengan betul-betul dan serius,” ujar Ayub.

Kepala DPMPTSP-TK Bonebolango Jumaidil mengakui, memang dengan tingkat pengangguran di Bonebolango yang mencapai 6%, kegiatan pelatihan ini dinilai masih kurang karena keterbatasan anggaran yang ada pada pemerintah daerah.

Namun hal itu, tidak menutup semangat DPMPTSP-TK dalam rangka mendorong dan membina pencari kerja agar bisa memperoleh keterampilan yang memadai. Sehingga dengan keterampilan ini para pencari kerja itu mudah nantinya mendapatkan kesempatan kerja, baik itu bekerja di institusi perusahaan maupun bisa secara mandiri.

Olehnya itu, pelatihan yang sudah diberikan oleh pemerintah daerah ini, harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya guna menimba ilmu dan memperoleh keterampilan. Semoga dengan kesempatan ini adik-adik memiliki keterampilan, bisa mandiri maupun untuk dipergunakan ditempat kerja.

“Jadi pergunakanlah ini sebaik-baiknya kesempatan ini buat adik-adik untuk bisa menambah ilmu dalam rangka dipergunakan, baik untuk kegiatan mandiri sendiri maupun nantinya dalam rangka dalam mencari kesempatan kerja,” tandas Jumaidil.

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini