oleh

Warisi Filosofi Hidup Sang Ayah, Bawa Kesuksesan Bagi Rachmad Gobel

LINTAS TOKOH (LIGO) – Prinsip yang kuat yang mengantarkan seseorang sukses dalam hidupnya pasti ada hal besar yang menjadi motivasi, hal ini yang membuat seorang Rachmad Gobel terus memaknai Filosofi Pohon Pisang. Filosofi pohon pisang yang enggan mati sebelum berbuah dan selalu memberi manfaat bagi kehidupan.

“Filosofi Hidup Pohon Pisang ini, merupakan Warisan Ayah saya (Thayeb Momamad Gobel),” ungkap Rachmad Gobel saat ditemui dikediamannya.

Dengan terus memegang teguh Filosofi Pohon Pisang yang dipelajarinya dari almarhum Ayahanda dan Filosofi Air Mengalir Dari Keran yang diterapkan Konosuke Matsushita, Rekan Kerja Ayahnya dan juga Pendiri Panasonic Corporation – Jepang. Rachmad Gobel mampu mejalankan Bisnis Warisan itu dengan baik. Kesuksesan Rachmad Gobel diakui Jusman Syafii Djamal yang terus memegang teguh Filosfofi tersebut.

“Tahun 90-an merupakan kendala terbesar para Pengusaha di Indoensia untuk mengembangkan usahanya tetapi Panasonic Gobel Fundation mampu melewati Krisis Moniter Era itu” ungkap Jusman Syafii Djamal Mantan Menteri Perhubungan RI (3/3/19).

“Saya tidak tahu, jika tidak ketemu Pak Rachmad, mungkin saya menjadi kuli Boeing saja setelah pensiun dari PT Dirgantara” tambahnya.

Filosofi Pohon Pisang ini, mulai ditanamkan kepada Rachmad Gobel sejak masih Sekolah. Dirinya diperintah layak seorang Karyawan, hingga Ayahnya menghadap Sang Pencipta. Setelah menjalani sebagai Penerus Usaha Keluarganya, Rachmad menyadari didikan yang telah diterimanya saat itu penting untuk dipegang teguh.

“Meskipun Saya Anak Pemilik Perusahaan tetapi tidak langsung jadi Pimpinan Perusahan. Pada masa liburan Sekolah, setiap pagi Saya diperintahkan berangkat mengikuti latihan bekerja di Pabrik sehari penuh, mengikuti ritme hidup sebagaimana layaknya seorang Karyawan Pabrik” tutur Rachmad

Berkat kerja keras dan prestasi yang ditunjukkannya selama menjadi Menteri Perdagangan itu, juga yang membuat dirinya diberikan tantangan yang lebih besar oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Kerajaan Jepang, hingga sekarang.

Baginya Filosofi Pohon Pisang yang pantang mati sebelum berbuah dan air dari keran bermakna selalu memberikan manfaat. Rachmad Gobel pun dipercaya dalam Perdagangan antara Indonesia dengan Negara-Negara lainnya, utamanya dengan Negara Jepang, yang berhasil Ia ciptakan.

Laporan: Jaringan SMSI Gorontalo
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini