oleh

Waspada Bencana, Bupati Minta Masyarakat Bersiap Diri

LINTAS BOALEMO(LIGO) – Bencana memang tidak bisa di tebak kapan akan datang. Namun bila bencana itu tiba, kita harus siap mengahadapinya. Pesan tersebut dikatakan  Bupati Boalemo Darwis Moridu dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang di rangkaikan dengan pengukuhan Tim Reaksi Cepat tingkat Kabupaten Boalemo. Kamis (25/4) Alun-Alun Kota Tilamuta.

Dirinya menerangkan, sejak di sahkannya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana Daerah, maka perlu peran aktif untuk menjaga keseimbangan alam dengan memperhatikan aspek-aspek kelestarian, serta mempunyai prilaku yang tanggap terhadap bencana.

Bupati yang dikenal sebagai Panglima Petani ini memprediksi kedepan bencana cenderung akan meningkat yang di sebabkan oleh beberapa faktor seperti meningkatnya jumlah penduduk, penurunan kondisi lingkungan dan perubahan iklim global.

“Maka itu perlunya gerakan aksi bersama untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah, Organisasi dan masyarakat agar mampu menanggapi suatu situasi bencana secara cepat dan tepat,”seru Darwis.

Sementara itu PLT  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Boalemo Fadlina Podungge menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk melakukan atraksi dalam simulasi kebencanaan secara berbeda dan berkesinambungan.

“Maka melalui program hari ini, Kesiapsiagaan Bencana untuk menggugah kesadaran agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan baik Pemerintah maupun masyarakat,”terangnya.

Laporan : Mukrin Laete
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini