oleh

Wisata Arung Jeram Papualangi Mulai Dibangun, Begini Penjelasan Kades Umar Otuhu

LINTAS DESA (LIGO) – Potensi wisata alam yang luar biasa di Desa Papualangi, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara benar-benar dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa untuk dikembangkan agar dapat mendatangkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

Lewat ide cemerlang Kepala Desa Papualangi  Umar Otuhu,  tahun ini Wisata Arung Jeram dipastikan dapat segera dinikmati Wisatawan. Dan Wisata ini pun sudah di uji coba oleh Pemerintah Gorontalo Utara beberapa pekan lalu.

“Tahun ini akan dibangun Wisata Water Boom, dengan Out Bound sama Arung Jeram, dan Wisata Pancing Mania Ikan Air Kolam,” ungkap Umar Otuhu saat diwawancarai Reporter lintasgorontalo.com via telepon, Selasa (05/03).

Rencana lokasi Wisata Alam ini juga disambut baik masyarakat Desa Papualangi dan semua pihak. Ini terlihat saat semua turut bekerja bersama-sama membersihkan lokasi Wisata Alam Arung Jeram.

“Selain masyarakat dan Pemerintah Desa, Camat Tolinggula juga hadir dan selalu mendampingi program Desa Papualangi yang bisa mengangkat Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara,” terang Umar Otuhu.

Salah satu warga Papualangi yang melakukan uji coba di Arung Jeram Papualangi.

Lanjut Umar Otuhu, 3 Desa di Kecamatan Tolinggula yakni Desa Ilomangga, Desa Ilotunggula dan Desa Papualangi telah mendapat Program Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wisata (PISAU) sebesar Rp. 600 juta.

“Disepakati oleh 3 Kepala Desa untuk Pembangunan Akses Wisata dipusatkan di Papualangi, dari dana Desa tahun ini hampir  Rp. 500 juta dialokasikan untuk Wisata Desa,” tukasnya.

Umar Otuhu menyadari bahwa pengembangan Wisata Alam di Desa Papualangi akan memberikan dampak bukan hanya pada masyarakat Papualangi tapi juga pada pendapatan daerah. Karenanya, Umar ingin pembangunan Wisata tersebut benar-benar diseriusi Pemerintah. Bahkan dirinya juga telah mengajukan proposal kepada Kementerian Desa untuk mendapatkan Anggaran tambahan pembangunan Wisata Desa Papualangi.

“Rencananya setelah pencairan Dana Desa Tahap I, Kami akan membeli 2 Perahu Karet dari Korea dan Alat Safety lainnya,” tutup Umar.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Alan Pakaya

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini